in

KPU Kendal Tetapkan DPT Pemilu 2024, Total Sebanyak 796.097 Pemilih

Penyerahan salinan daftar pemilih terap (DPT) Pemilu 2024 dari Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria kepada Kasat Intelkam Polres Kendal, AKP Abdullah Umar, di kantor KPU Kendal, Selasa (20/6/2023).

HALO KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal, menggelar Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, di kantor KPU Kendal, Selasa (20/6/2023).

Acara dihadiri perwakilan partai politik (Parpol) peserta Pemilu dan puluhan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan stakeholder di Kendal.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria usai acara menjelaskan, DPT yang ditetapkan dalam rapat pleno terbuka sebanyak 796.097 pemilih. Terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 399.415 pemilih, dan perempuan sebanyak 396.682 pemilih.

“Bila dibandingkan dengan daftar pemilih sementara (DPS) akhir kemarin, terjadi penurunan yang signifikan sebanyak 2.038 pemilih. Pengurangan itu atas masukan dari masyarakat, termasuk warga meninggal, ada yang pindah domisili dan alih status,” jelasnya.

Hevy menegaskan, penurunan tersebut tidak berpengaruh kepada jumlah kursi yang telah ditetapkan, yaitu 50 kursi. Karena menurutnya, jumlah penduduk di Kendal saat ini sudah mencapai di atas satu juta. “Jadi jumlah pemilihnya juga bertambah,” imbuhnya.

Sementara itu, Bidang Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kendal, Achmad Ghozali menegaskan, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan pasca-penetapan DPT. Yang terdekat adalah pengawasan distribusi salinan DPT.

“Jadi tadi salinan yang diserahkan kepada perwakilan parpol, kepada stakeholder terkait, kemudian kepada panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa maupun kelurahan sudah diterima atau belum. Dengan mengerahkan jajaran kami, baik panwascam maupun PKD di tingkat desa, kami selalu minta untuk berkoordinasi,” jelasnya.

Kemudian tanggal 22 Juni 2023, lanjut Ghozali, petugasnya akan memastikan, salinan DPT tersebut sudah sampai di tingkat desa, sekaligus pengumumannya terpasang di tempat-tempat yang strategis.

“Kalau sudah dipasang di tempat-tempat strategis, memudahkan dan terjangkau masyarakat, untuk mengecek data tersebut. Apakah sudah masuk atau belum di DPT,” imbuh Ghozali.(HS)

Dukung Prestasi Atlet di Jateng, Ganjar Resmikan Kawasan Olahraga Jatidiri

Dispertan Kendal Beri Pembekalan Para Petugas Pemeriksa Hewan Kurban