in

KPU Kabupaten Semarang Jadi Percontohan Wilayah Bebas dari Korupsi

Pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan birokrasi bersih dan melayani (WBK-WBBM) KPU, di aula kantor KPU di Ungaran, Kamis (21/4/2022). (Foto : Semarangkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Bupati Semarang H Ngesti Nugraha mendukung langkah KPU Kabupaten Semarang, mewujudkan wilayah bebas dari korupsi, melalui penegakan zona integritas di wilayah kerjanya.

Di tengah era keterbukaan saat ini, upaya itu dapat menumbuhkan kepercayaan publik, yang bermuara pada pelayanan pemilu yang transparan dan kredibel.

Hal itu dikatakan Bupati, saat mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan birokrasi bersih dan melayani (WBK-WBBM) KPU, di aula kantor setempat di Ungaran, Kamis (21/4/2022).

Menurut Bupati, keberhasilan KPU melaksanakan Pemilu dan Pilkada lalu menjadi landasan kuat untuk melaksanakan tugas saat Pemilu 2024 mendatang.

“Perwujudan zona integritas itu akan dapat memaksimalkan kinerja KPU melayani para pemangku kepentingan dan menyelenggarakan Pemilu 2024 nanti,” kata dia, seperti dirilis Semarangkab.go.id.

Pencanangan ditandai dengan pemotongan untaian melati, yang menaungi gambar kode batang (bar code) jenis pelayanan KPU. Ikut menyaksikan Ketua KPU Maskup Asyadi, para komisioner dan pimpinan perangkat daerah terkait.

Ketua KPU Maskup Asyadi menjelaskan ada sebelas KPU kabupaten atau kota di Jawa Tengah, yang ditunjuk sebagai pilot project pembangunan zona integritas menuju WBK-WBBM.

“Ini menjadikan tantangan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemangku kepentingan pemilu dan masyarakat. KPU berkomitmen melaksanakan ketentuan yang ditentukan dan menjadi contoh WBK,” kata dia.

KPU juga menyediakan saluran pengaduan, berupa aplikasi di website KPU. Warga yang akan mengadu hanya perlu melakukan scan bar code yang ada untuk mengikuti alur pengajuan dan proses tindak lanjut pengaduan. Teknis dan syarat pengaduan yang dapat ditindaklanjuti telah diatur dalam peraturan KPU guna menjamin azas praduga tidak bersalah.

“Kami jamin pengaduan warga akan ditindaklanjuti tuntas jika telah memenuhi syarat ketentuan,” tegasnya.(HS-08)

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Jumat (22/4/2022)

Puluhan Perusahaan Besar di Kabupaten Semarang Siap Bayarkan THR