in ,

KPU Jateng Buka Opsi Pemilu Susulan Bagi TPS yang Mengalami Bencana

Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujion Handi saat Apel Pergeseran Pasukan tahap pemungutan suara di Simpang Lima Semarang, Senin (12/2/2024).

HALO SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng membuka opsi Pemilihan Umum (Pemilu) susulan bagi tempat pemungutan suara (TPS) yang mengalami bencana seperti banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Diketahui, dari 17 Desa di Karanganyar Kabupten Demak, hanya empat desa yang tidak banjir. Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujion Handi mengatakan, usulan pemungutan suara dilakukan maksimal setelah 10 hari tahapan inti pemilu yakni 14 Februari.

Ia menjelaskan total ada 183 TPS di Kecamatan Karanganyar, Demak yang diusulkan pemungutan suara susulan. Jumlah itu termasuk 60 TPS di empat desa yang tidak terdampak langsung banjir.

“Kalau terdampak langsung 123 TPS, tidak terdampak langsung 60 TPS. Tapi yang tidak terdampak itu karena jadi lokasi pengungsian, maka direkomendasikan pemungutan susulan,” ujar Handi di saat Apel Pergeseran Pasukan tahap pemungutan suara di Simpang Lima Semarang, Senin (12/2/2024).

Ia menyebut jika keputusan terkait pemungutan susulan di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak akan segera keluar. Selain itu juga akan diputuskan terkait solusi dari korban banjir di Demak yang mengungsi ke Kabupaten Kudus.

“Problematika lain yang mengungsi di Kabupaten Kudus. Mereka mengungsi kan nggak kober (tidak sempat) mengurus surat undangan memilih, bahkan kadang e-KTP tidak bawa,” terangnya.

Terkait logistik Pemilu 2024 di Demak, Handi menegaskan aman karena masih berada di gudang KPU. Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi mengatakan koordinasi untuk pengamanan Pemilu termasuk di Demak sudah berkoordinasi denga KPU.

“Jadi untuk wilayah Demak, saya sudah koordinasi dengan KPU kita, termasuk hari ini dilakukan cek. Sebanyak 15 ribu pengungsi sebagian Demak ada yang geser ke Kabupaten Kudus,” imbuhnya. (HS-06)

Personel Pengamanan Pemilu Diminta Responsif Hadapi Perubahan Situasi

Hadiri Pengukuhan Forwaken, Ini Harapan Bupati Kendal