Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

KPU Buka Rekrutmen Anggota PPK dan PPS Pilwalkot 2020

Komisioner KPU Kota Semarang memberikan keterangan kepada awak media di Hotel Ibis Simpanglima Semarang, Rabu (8/1/2020).

 

HALO SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang akan mulai membuka rekrutmen atau pendaftaran sebagai anggota Badan Penyelenggara Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan, dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang (Pilwalkot ) Tahun 2020.

Sesuai dengan tahapan Pilkada Serentak 2020, KPU akan mengumumkan pendaftaran seleksi calon anggota PPK pada tanggal 15-17 Januari 2020, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tantang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, untuk perekrutan Badan Penyelenggara Adhoc PPK dan PPS pihaknya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pilwalkot Tahun 2020. Untuk waktu pengumuman pendaftaran seleksi calon anggota PPK, akan dilaksanakan pada 15-17 Januari 2020.

Sebelumnya, KPU sudah melakukan sosialisasi di kecamatan-kecamatan, dan kelurahan yakni pada bulan November sampai Desember 2019 lalu.

“Adapun syarat untuk menjadi anggota PPK, di antaranya yaitu WNI, berusia paling rendah 17 tahun, lalu belum pernah menjabat 2 kali periode sebagai anggota PPK dalam jabatan yang sama, serta tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu di semua tingkatan. Sedangkan berkas yang harus diterima KPU dari calon anggota PPK yaitu surat pendaftaran (materai 6000), daftat riwayat hidup, pasa photo 4×6 (baground merah) sebanyak 5 lembar. Kemudian fokocopi ijazah pendidikan terakhir dan legalisir (minimal SLTA), surat pernyataan, surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumkit, fotokopi E-KTP atau suket dari Dispendukcapul dan surat izin dari atasan langsung bagi ASN,BUMN/BUMD,” katanya, Rabu (8/1/2020).

Ditambahkan, kebutuhan PPK di setiap kecamatan sebanyak 5 orang. Sehingga di 16 kecamatan yang ada, KPU akan merekrut sebanyak 80 orang sebagai badan penyelenggara adhoc PPK.

“Setelah tahapan pengumuman pendaftaran seleksi calon anggota PPK, kami akan membuka pendaftaran calon anggota PPK pada 18-27 Januari 2020. Lalu melakukan penelitian administrasi, seleksi tertulis dan wawancara. Nantinya, setelah terpilih anggota PPK akan dilantik pada 29 Februari 2020. Hal ini dilakukan, karena kami sudah membuka tahapan Pilwalkot Tahun 2020 pada 19-23 Februari 2020, yakni untuk pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan maju lewat jalur perseorangan,” katanya.

Setelah dilantik, lanjut Nanda, mereka akan bekerja yang tentunya akan diberi pembekalan dari KPU, terkait untuk penyelenggaraan Pilwalkot Tahun 2020. Dengan lama masa kerja sembilan bulan.

Sementara, Komisioner KPU Kota Semarang, Novi Maria Ulfah menambahkan, sedangkan untuk pembentukan PPS akan dilaksanakan pada 15 Februari-14 Maret 2020, dan kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada 21 Juni-21 Agustus 2020.

“Adapun untuk jumlah PPS setiap kelurahan ada 3 orang. dan KPPS ada 7 orang untuk tiap TPS. Kemungkinan ada sebanyak 300 TPS di Semarang untuk Pilwalkot Tahun 2020,” imbuhnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang