in

KPU Boyolali Gelar Sosialisasi Tahap Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Pemilu 2024

Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin membuka sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD, di aula kantor KPU Boyolali, Kamis (28/7/2022). (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali, menggelar sosialisasi pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol peserta Pemilu 2024 anggota DPR dan DPRD, di aula kantor KPU setempat, Kamis (28/7/2022).

Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Ali Fahrudin mengatakan bahwa kegiatan tersebut sekaligus untuk mengimplementasikan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 di KPU tingkat kabupaten atau kota.

Dia menyebutkan bahwa tahapan pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilu  2024, akan digelar 1 hingga 14 Agustus 2022.

“Demi untuk mempersiapkan sedini mungkin berkoordinasi dengan partai politik. Karena nanti pada saatnya KPU kabupaten atau kota, mempunyai kewajiban untuk melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual,” kata Ali, seperti dirilis boyolali,go.id.

Dia menjelaskan, verifikasi administrasi yang akan dilaksanakan pada 2 Agustus sampai 11 September 2022, diperlukan untuk mengecek kepengurusan dan keanggotaan ganda, melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Sistem ini merupakan alat bantu pendaftaran parpol dan sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Adapun verifikasi faktual, diperlukan guna mengecek langsung kebenaran data atau informasi yang telah diunggah parpol.

Dia memberi contoh,  tentang kepengurusan parpol di daerah, keanggotaannya, ataupun kantor-kantor parpol di daerah. Verifikasi faktual akan digelar pada 15 Oktober sampai 4 November 2022.

“Semua nanti yang memutuskan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat adalah KPU RI. Jadi KPU kabupaten atau kota, diminta untuk melakukan tahapan seperti itu,” jelasnya.

Dia juga mengatakan sudah ada beberapa partai politik baru dan lama, yang berkomunikasi dengan KPU Kabupaten Boyolali.

“Untuk pemilu 2024 di Kabupaten Boyolali sudah ada komunikasi partai politik, sudah ada 20 partai yang komunikasi dengan kita (KPU),” lanjut Ali.

Adapun partai konstentan pemilu tahun 2019 di Kabupaten Boyolali, ada 15 partai politik.

Sebagai tambahan informasi, KPU RI telah menerbitkan Keputusan Nomor 194 Tahun 2022 tentang penetapan jumlah kabupaten / kota dan kecamatan, serta jumlah penduduk kabupaten atau kota di setiap provinsi, sebagai Pemenuhan Persyaratan Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik. (HS-08)

Bupati Sragen Targetkan Tahun Ini Masuk 10 Besar IGA dari Kemendagri

Peringati Hari Jadi ke-218, Pemkab Klaten Terima 18 HAKI