in

Kotak Amal Ditemukan Di Saluran Irigasi, Hebohkan Warga Kaliwungu

Polisi memeriksa kotak amal yang ditemukan petani disaluran irigasi Desa Krajan Kulon, Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Sabtu (14/5/2022).

HALO KENDAL – Warga Desa Krajankulon, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal dihebohkan dengan penemuan kotak amal masjid atau musala, yang tergeletak di bibir fondasi saluran irigasi persawahan banda desa setempat, Sabtu (14/5/2022) pagi, sekira pukul 08.00 WIB.

Saat ditemukan, kotak amal itu masih dalam keadaan tergembok atau terkunci, dengan isi uang di dalamnya. Warga menduga, kotak amal tersebut ditinggalkan pencurinya di saluran irigasi persawahan.

Berdasarkan rilis yang diterima halisemarang.id, Minggu (15/5/2022), kotak amal terbuat dari kayu berukuran besar itu ditemukan kali pertama oleh Mas’amah (58), petani yang sedang merawat tanaman terong dan cabai di sepetak sawah banda desa yang digarapnya.

Karena kebingungan, Mas’amah bersama Solihin (68) dan Muawanah (45), rekan sesama petani penggarap sawah, akhirnya melaporkan temuannya itu kepada Bukhori, Ketua Takmir Musala Baiturrahmah di RT 01/RW 12, yang berlokasi dekat dengan persawahan lokasi temuan.

“Pas mau menyiram tanaman kok lihat ada kotak amal di sawah dekat saluran. Saya takut campur bingung. Daripada kesalahan, saya langsung saja lapor ke orang-orang musala,” ujarnya.

Kemudian, Bukhori Ketua Takmir Musala Baiturrahmah di RT 01/RW 12, meneruskan laporan kepada Ketua RW 12 Sami’an, yang langsung meneruskan laporan ke Polsek Kaliwungu. Petugas Polsek Kaliwungu yang menerima laporan penemuan kotak amal ini langsung melakukan pemeriksaan.

Kapolsek Kaliwungu, AKP Irsanto mengatakan, petugas mendapat laporan warga menemukan sebuah kotak amal di sawah tidak jauh dari Polsek Kaliwungu.

“Ditemukan petani yang melihat kotak amal di sawah lalu petugas kami melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Di kotak amal tersebut tidak terdapat tulisan milik musala atau masjid mana, petugas memeriksa sejumlah saksi termasuk warga sekitar untuk mengetahui kotak amal tersebut.

“Saat ditemukan kotak amal masih terkunci diduga pelaku berusaha mengambil uang dengan cara digulingkan dan mengambil dari celah kotak amal,” imbuh Irsanto.

Petugas kemudian berkordinasi dengan musala dan masjid sekitar penemuan, dan diketahui kotak amal tersebut milik musala Darushowab Dukuh Kandangan Barat, Desa Krajan kulon.

“Keterangan dari pengurus musala, sejak subuh sudah tidak ada di tempat. Untuk kerugiannya belum bisa ditaksir karena uang masih di dalam kotak,” jelasnya.(HS)

Persiapan Hadapi Pemilu 2024, Golkar Kendal Gelar Pendidikan Politik Sekaligus Halal Bihalal

Bank Jateng Berikan Bantuan Tenda Untuk PKL di Sragen