Kota Tegal “Closed” di Malam Tahun Baru

Pengamanan Malam Tahun Baru di Kota Tegal. (Foto:Tegalkota.go.id)

 

HALO TEGAL – Taman Pancasila dan Alun-alun Kota Tegal yang biasanya ramai oleh pengunjung, pada detik-detik menjelang pergantian tahun menjadi lebih sepi.

Pemkot Tegal bersama TNI dan Polri, menutup tempat itu untuk mencegah munculnya kerumunan dan kian menyebarnya Covid-19.

Selain dua lokasi itu, tempat-tempat wisata lainnya juga ditutup, dengan tujuan yang sama. Acara-acara publik untuk menyambut tahun baru, yang biasanya diadakan, untuk malam pergantian tahun 2020 ke 2021 juga ditiadakan.

Sebelumnya, Wakil Walikota Tegal, H Muhamad Jumaidi ST, seperti dirilis Tegalkab.go.id memang menyatakan akan menutup tempat-tempat wisata, taman Pancasila dan kawasan alun-alun. Kebijakan ini merupakan bagian agar Covid-19 tidak semakin menyebar.

“Pantai Alam Indah, Batamsari, pulau Kodok, serta Ritapark dan Waterpark Bahari semua ditutup. Harapannya agar masyarakat sadar betul, pandemi belum berakhir,” kata

Penutupan objek wisata itu, direncanakan hingga 4 Januari mendatang. Walau demikian batas waktu tersebut bisa berubah, tergantung hasil evaluasi yang terus dilakukan Pemkot Tegal bersama pihak terkait.

Untuk pengamanan malam Tahun Baru, Polresta Tegal menurunkan 400 personel, yang terbagi dalam dua tim. Para petugas itu selain melakukan pengamanan, juga terus mengimbau masyarakat agar tak berkerumun.

Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan, khususnya di jalan Pancasila termasuk Taman Pancasila dan Alun-Alun Kota Tegal, ditutup secara total.

“Personel kepolisian memberi imbauan secara humanis terlebih dahulu kepada masyarakat yang melanggar. Jika tetap membandel, maka baru ditindak tegas,” kata Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo.

Kapolres mengungkapkan bahwa hasil evaluasi, menunjukkan Taman Pancasila dan Alun-alun selalu menjadi titik sentral kerumunan masyarakat. Penutupan area tersebut, agar tidak menjadi cluster baru penyebaran virus Covid-19.

Sementara itu, Kodim 0712 menurunkan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dalam kegiatan pengamanan malam Tahun Baru kali ini.

“Satu kompi kami persiapkan di wilayah Kota Tegal, dan satu kompi lainnya di Kabupaten Tegal,” kata Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf. Sutan Pandapotan Siregar, SIP. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.