in

Kota Semarang Kerap Diguyur Hujan, Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi foto: Suasana Kawasan Tugu Muda Semarang.

HALO SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal masuk musim hujan di Kota Semarang dan sekitarnya yaitu pada pertengahan Oktober 2022. Prediksi awal musim hujan ini berdasarkan hasil pengolahan analisis data BMKG serta memperhatikan perkembangan kondisi fisis dan dinamika atmosfer regional maupun global yang sedang berlangsung. Hal ini mempengaruhi kecenderungan kondisi iklim di Jawa Tengah.

Koordinator Bidang Data Informasi Stasiun Klimatologi Jawa Tengah, Iis Widyatmoko mengatakan, untuk wilayah Jawa Tengah, termasuk Kota Semarang belum memasuki awal musim hujan. Diprediksi pertengahan Oktober baru akan masuk musim hujan. Meski begitu Kota Semarang yang biasanya pada sore hingga malam hari sering turun hujan. Dijelaskannya, hal itu adalah normal terjadi saat musim pancaroba atau peralihan musim.

“Sekarang Kota Semarang masuk masa transisi atau peralihan, diprakirakan pada Oktober baru masuk musim hujan,” terangnya, Minggu (18/9/2022).

Dikatakan dia, sedangkan awal musim hujan 2022/2023 paling awal terjadi pada bulan September dasarian I yang meliputi wilayah. Yaitu Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Wonosobo bagian Utara, sebagian wilayah Selatan Kabupaten Tegal, Pemalang dan Pekalongan. Lalu, wilayah Barat Laut Kabupaten Cilacap dan sebagian wilayah tenggara Kabupaten Brebes.

“Sementara awal musim hujan 2022/2023 paling akhir terjadi pada bulan November dasarian II yang meliputi sebagian wilayah Kabupaten Pati dan wilayah timur Kabupaten Rembang,” katanya.

Adapun puncak musim hujan umumnya diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2023. “Sehingga masyarakat diimbau dampak dari musim hujan pada wilayah – wilayah yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor,” pungkasnya.(HS)

Ini Upaya Preventif Kemenag Cegah Tindak Kekerasan di Lembaga Pendidikan

Mendekati Pemilu 2024, Ketua DPC Demokrat Kendal Giatkan Konsolidasi ke Desa-Desa