Kota Semarang Akan Jadi Tuan Rumah Festival HAM

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menggelar konfrensi pers terkait Kota Semarang dijadikan sebagai tuan rumah kegiatan Festival HAM Nasional tahun 2021 di Kantor Wali Kota Semarang, Selasa (30/3/2021).

 

HALO SEMARANG – Kota Semarang akan menjadi tuan rumah kegiatan Festival HAM Nasional pada tanggal 16-19 November 2021 mendatang.

Sebab, Kota Semarang dinilai menjadi salah satu daerah yang memiliki portofolio dalam penyelesaian masalah Hak Asasi Manusia (HAM) seperti konflik gereja, pemberian hak beragama, dan perbaikan sejumlah infrastuktur yang cukup baik.

Hal itu disampaikan, oleh Staf Khusus Presiden bidang HAM, Siti Dzuhayatin saat konfrensi pers di Kantor Wali Kota Semarang, Selasa (30/3/2021).

Menurut dia, kegiatan Festival HAM Nasional tahun 2021 ini yang digelar di Kota Semarang bisa menjadi satu media untuk saling berbagi praktik-praktik baik dari masalah HAM, baik kebebasan beragama, berkeyakinan, pemenuhan hak ekonomi dan sosial.

Pihaknya menilai, Kota Semarang memiliki peran untuk menyelesaikan masalah HAM di Kota Semarang.

“Sehingga penting penegakan HAM, yang patut dijaga dan dirawat pelaksanaan HAM. Dan tahun 2021 ini Festival HAM dilaksanakan di Kota Semarang dengan tema Merayakan Kebhinekaan Inklusi dan Resiliensi,” terangnya.

Data dari Komnas HAM, setiap tahun ada sebanyak enam ribu sampai tujuh ribu aduan ke pihak Komnas HAM, nomor tiga paling banyak terkait masalah sengketa lahan, kebebasan beragama, dan berkeyakinan, upah buruh dan lingkungan serta lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyambut dengan baik rencana kegiatan Featival HAM Nasional tahun 2021 yang digelar di Kota Semarang. Pihaknya akan menyiapkan festival ini dengan baik.

“Festival ini akan diselenggarakan kombinasi antara luring dan daring mengingat maaih dalam kondisi pandemi Covid-19. Selain itu, terkait mempersipkan akomodasi dan beberapa tempat untuk dijadikan role model atau sharing pemikiran terkait penerapan HAM,” pungkas Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.