in

Kota Pekalongan Siap Pertahankan Kota Peduli HAM

Focus group discussion (FGD) program utama Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), di Ruang Kalijaga Setda Kota Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Kota Pekalongan bertekad mempertahankan predikat sebagai Kota peduli hak asasi manusia (HAM), yang diikuti kabupaten / kota se-Indonesia. Pada 2020, Kota Pekalongan juga memperoleh penghargaan serupa.

Tekad itu disampaikan Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid SE, dalam focus group discussion (FGD) program utama Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), di Ruang Kalijaga Setda Kota Pekalongan, Selasa (3/8). FGD membahas Kriteria Penilaian Kabupaten Kota Peduli HAM dan Pelaporan RANHAM.

Selain Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid SE, hadir dalam acara itu Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih SE MSi dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkum dan HAM Bambang Setyabudi SH MH.

Dalam sambutanya, Wali Kota menyampaikan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman, mengenai program utama RANHAM dan penerapannya, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai aparatur pemda.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini bisa diikuti dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi Kota Pekalongan dalam memenuhi dan menegakkan HAM,” kata Wali Kota, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi SH MH, menjelaskan adanya kriteria daerah kabupaten dan kota Peduli HAM, diharapkan dapat memotivasi pemda untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Pihaknya menargetkan, seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah, dapat mempertahankan dan memperoleh penghargaan Peduli HAM.

Ada berbagai aspek kriteria Kota Peduli HAM yakni terpenuhinya hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Kami berharap, Kota Pekalongan dapat kembali memperoleh Kota Peduli HAM. Sebab, Kota Pekalongan berhasil mempertahankan penghargaan Kota Peduli HAM berturut-turut dan memperoleh aksi HAM warna hijau,” kata dia. (HS-08)

Share This

Gugatan Warga Karangjangkang Ditolak, Satpol PP Semarang Didesak Untuk Segera Melakukan Pembongkaran

Tak Lolos Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK, Pelamar Bisa Ajukan Sanggahan