in

Korlantas Prediksi Puncak Arus Mudik Akhir April, Siapkan Skenario Antisipasi Kemacetan

Gerbang Tol Cikampek Utama 2. (Foto : Tribratanews.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperkirakan puncak arus mudik, akan terjadi pada akhir bulan ini, yakni tanggal 29 April 2022 dan 30 April 2022.

Hal itu disampaikan Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, seperti dirilis Tribratanews.polri.go.id. Dia juga mengemukakan, puncak arus balik, diperkirakan terjadi pada 7 dan 8 Mei 2022.

“Untuk mudik puncaknya tanggal 29 dan 30 sedangkan baliknya tanggal 7 dan 8,” kata dia.

Untuk mengantisipasi kemacetan, termasuk di rest area jalan tol, menurut dia Korlantas sudah menyiapkan sejumlah skema. Salah satu cara yang akan dilakukan, adalah buka-tutup jalur dan contra flow.

“Titik-titik potensi kemacetan tetap ada di ruas jalur arteri atau nasional, tol dan wisata. Namun demikian Polri sudah menyiapkan skema cara bertindaknya dan untuk rest area kita siapkan cara bertindak buka tutup dan contra flow, selebihnya tertuang di SE ya,” jelas Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi.

Adapun untuk jumlah kendaraan yang akan melintas dirinya, dia menyatakan belum dapat memprediksi. Wakaupun begitu, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak Jasa Marga, untuk mengantisipasi kemacetan.

“Antisipasi sudah disiapkan skenarionya mulai dari situasi normal, padat, macet sampai dengan situasi emergency,” terang Kabagops Korlantas Polri.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah secara resmi memperbolehkan masyarakat Indonesia mudik Lebaran 2022.

Sejumlah aturan pun telah diterbitkan agar masyarakat tetap mematuhi sekaligus menerapkan protokol kesehatan saat berpulang ke kampung halaman.

Salah satunya, pelaku perjalanan dalam megeri (PPDN) harus menerapkan protokol kesehatan. (HS-08)

Tindak Aksi Balap Liar, Polres Karanganyar Tangkap Dua Pemuda Asal Sragen

Perjalanan Mudik, Menteri PU Sebut Pemandangan Jalur Pantai Selatan Jawa Indah dan Instagramable