Kontroversi VAR Semakin Melebar

Juergen Klopp/dok.

 

HALO SPORT – Kontroversi penggunaan videa assistant referee (VAR) di Liga Primer Inggris semakin melebar. VAR kadang membantu, tapi sesekali meresahkan.

Ketika menang 2-1 atas Sheffield United di Anfield, Minggu (25/10/2020) dini hari WIB, Liverpool dibuat ketir-ketir oleh ‘’ulah’’ VAR. The Reds dihukum penalti karena wasit Mike Dean bergantung pada teknologi baru itu.

Liverpool, manajer Si Merah, menyampaikan keluh kesahnya terkait keputusan sang pengadil. Keluhan Klopp soal penalti itu memang wajar, karena Mike Dean terbilang kontroversial.

Dean, yang sebelumnya memberi tendangan bebas untuk pelanggaran yang dilakukan Fabinho terhadap Oli McBurnie, mengubah keputusannya setelah berkonsultasi dengan petugas VAR.

Padahal, dalam tayangan ulang tekel Fabinho itu tidak mengenai kaki McBurnie. Kejadiannya pun sedikit di luar kotak penalti.

Sayang, wasit tetap pada keputusannya dan Sheffield United mendapat tendangan penalti, dan berbuah gol. Menurut Klopp, tekel Fabinho itu bukan pelanggaran.

‘’Ini baru laga keenam kami (di Premier League 2020-2021), tapi tiga di antaranya kami berada di pihak yang salah dalam keputusan seperti ini,’’ ungkap Klopp seperti dikutip BBC.

‘’Ini bukan karena kami ingin mendapatkan keuntungan apa pun. Kami hanya tidak mau dirugikan,’’ tandasnya.

Tentang kesulitan timnya, Klopp malah tak kaget. Selepas kecolongan penalti Sander Berge, Liverpool membalas melalui Roberto Firmino dan Diogo Jota.

Pasukan tamu terus bermain agresif. The Blades melepaskan 13 tembakan, dua di antaranya mengarah ke gawang.

‘’Anda harus bekerja keras melawan mereka. Sulit untuk mengalahkan Chris Wilder (manajer Sheffield United),’’ jelas Klopp.

Dia mengaku lebih suka dengan permainan Jordan Henderson dan kolega pada babak pertama. Ada rasa kecewa karena tak mampu mencetak gol lebih banyak.
Secara khusus, Klopp memuji performa Diogo Jota. Dia yakin pemain barunya itu bisa terus berkembang.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.