in

Konsisten Terapkan Pengelolaan Ramah Lingkungan, Bandara Ahmad Yani Semarang Sabet Predikat Green Building

Suasana Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang meraih Predikat Gold dalam sertifikasi Greenship New Building (Gedung Baru) dari Green Building Council, baru-baru ini, terlihat asri.

HALO SEMARANG – Konsisten menjadi bandara yang ramah lingkungan, PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang berhasil memperoleh predikat Gold dalam sertifikasi Greenship New Building (Gedung Baru) V.1.2 dari Green Building Council Indonesia anggota dari World Green Building Council, baru-baru ini.

Tentunya tidak mudah untuk memperoleh sertifikasi dan layak disebut Green Building. Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah melalui berbagai tahapan penilaian. Yakni, berdasarkan aspek pengelolaan tata guna lahan yang sesuai persyaratan dan regulasi (ASD), konservasi Air (WAC), kesehatan dan kenyamanan dalam ruang (IHC), efisiensi dan konservasi energi (EEC), sumber dan siklus material yang ramah lingkungan (MRC), serta penerapan manajemen lingkungan bangunan yang baik (BEM).

General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto mengatakan, bahwa setelah melalui berbagai tahapan dan memenuhi berbagai persyaratan, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang kemudian memperoleh predikat Gold pada sertifikasi Greenship Gedung Baru V.1.2 dari Green Building Council Indonesia.

“Dan perolehan sertifikasi ini menjadi sebuah bukti nyata penerapan pengelolaan bandara ramah lingkungan di Semarang,” terang Hardi, Kamis (28/7/2022).

Ditambahkan Hardi, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang merupakan bandara kedua di Indonesia yang memperoleh predikat Gold setelah Bandara Internasional Yogyakarta yang juga dikelola oleh PT Angkasa Pura I. Pencapaian ini merupakan bentuk komitmen PT Angkasa Pura I dalam menghadirkan sarana dan prasarana yang berkontribusi positif kepada lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Dengan sertifikasi ini, diharapkan para pengguna jasa bandara dan stakeholder merasa yakin bahwa PT Angkasa Pura I dalam pembangunan dan operasionalnya telah mempertimbangkan dan menerapkan rencana keberlanjutan lingkungan hidup (sustainability) dan memenuhi regulasi terkait pengelolaan lingkungan.

“Kami berharap dengan perolehan sertifikasi ini, para pengguna jasa dan seluruh stakeholder yang terlibat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang dapat senantiasa mendukung dan berkontribusi dalam penerapan bandara ramah lingkungan,” papar Hardi.

Adapun kategori predikat tersebut, terdapat empat kategori perolehan sertifikasi Greenship New Building (Gedung Baru) yaitu, Platinum, Gold, Silver dan Bronze.

“PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang akan terus konsisten dan berkomitmen meningkatkan pengelolaan bangunan hijau. Sehingga dapat mencapai predikat yang lebih baik, yaitu sertifikasi Greenship Existing Building pada masa yang akan datang,” pungkas Hardi. (HS-06)

Kopda Muslimin Jalani Outopsi di RS Bhayangkara Semarang, Komdam: Penyakit Otak atau Keracunan

Kasus Kopda Muslimin Ditutup Usai Dinyatakan Meninggal Dunia