in

KONI Kendal Fokus Peningkatan Prestasi Atlet

Para peserta Rakerkab KONI Kendal 2022, usai acara di Aula SMK Negeri 4 Kendal, Sabtu (10/12/2022).

HALO KENDAL – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kendal menggelar Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) Tahun 2022 di Aula SMK Negeri 4 Kendal, Sabtu (10/12/2022).

Rapat dihadiri Plt Ketua Umum KONI Jawa Tengah, yang diwakili Sekretaris Umum, Achmad Ris Ediyanto beserta jajaran, Ketua Umum KONI Kendal, Subur Isnadi, dan Kepala Disporapar Kendal, Acmad Ircham Chalid, yang mewakiki Bupati Kendal.

Ketua Panitia Penyelenggara Rakerkab Joko Pranowo Adi dalam laporannya menyampaikan, dalam Rakerkab ini diikuti seluruh pengurus KONI Kendal dan 42 cabang olahrahga dari 50 cabor di bawah naungan KONI Kendal.

Dijelaskan, untuk agenda yang dibahas dalam rakerkab, di antaranya laporan pertanggungjawaban program kerja tahun 2022 dan rencana kerja KONI Kendal tahun anggaran 2023, serta berbagai masalah terkait peningkatan prestasi para atlet cabor.

“Acara rakerkab KONI Kendal 2022 ini terselenggara dengan menggunakan anggaran dana hibah tahun 2022,” imbuh Joko.

Sementara Ketua Umum KONI Kendal, Subur Isnadi, dalam kesempatan sambutannya mengapresiasi pemberian bonus kepada para atlet yang berprestasi di ajang Porprov.

“Alhamdulillah, meski belum ditetapkan, tapi kami berterima kasih atas perhatian dari pemerintah daerah, yang akan memberikan bonus kepada atlet peraih medali di ajang Porprov perorangan. Sesuai dengan perbup standarisasi harga, bonus diberikan untuk peraih emas sebesar Rp 50 juta, perak Rp 30 juta dan perunggu Rp 20 juta,” ungkapnya.

Subur berharap, dengan adanya perhatian dari Pemkab Kendal tersebut, bisa memacu dan memotivasi para atlet untuk berjuang, kemudian mempersembahkan prestasi untuk Kendal di Porprov.

“Ini bagus sekali, dalam kondisi ekonomi seperti sekarang ini, bonus untuk atlet bisa dianggarkan sedemikian besarnya. Terima kasih kepada Pemkab Kendal,” ujarnya.

Sekretaris Umum KONI Jawa Tengah, Achmad Ris Ediyanto dalam sambutannya mengatakan, pihaknya selalu mendorong dan mensupport kegiatan yang dilaksanakan KONI di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Selain itu, dalam rangka menghadapi Pra PON menuju PON XXI di Aceh-Sumur, KONI Jateng akan mensupport semua anggota KONI. Di antaranya pengprov cabor dan KONI 35 kabupaten/kota.

“Tentunya pengprov cabor kita dorong untuk mempersiapkan atletnya, dalam menghadapi Pra PON, yang rencananya akan digelar Juni-Juli 2023 untuk 16 cabor beladiri, dan puncaknya bulan November 2023 untuk 22 cabor,” beber Ade Oesman sapaan akrabnya.

“Kami bertekad Jawa Tengah bisa memperbaiki posisi dari PON XX di Papua yang berada di peringkat keenam, untuk bisa ditingkatkan. Untuk itulah KONI di daerah bisa menyumbangkan atlet-atlet terbaiknya untuk membela Jawa Tengah,” imbuhnya.

Sedangkan untuk KONI kabupaten/kota, Ade berharap, para atlet di daerah bisa disiapkan untuk mengikuti kejuaraan nasional, mengadakan kejuaraan provinsi, mengadakan bimtek maupun workshop terkait pengembangan olahraga.

“Kabupaten Kendal, ini bisa meningkatkankan peringkat dari sebelumnya. Apalagi di Pra Porprov sudah menghasilkan beberapa juara umum dan meraih 27 medali emas. Ini bisa berpotensi untuk meraih lima besar,” ungkapnya.

Sebagai penutup Ade juga berharap, Kendal memiliki tim talent scouting atau pemandu bakat. Supaya potensi-potensi atlet yang ada di tiap-tiap kecamatan bisa dikembangkan.

Sementara dalam sambutannya, Kepala Disporapar Kendal Achmad Ircham Chalid menyampaikan harapan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, acara Rakerkab berjalan lancar, dapat merumuskan dan menghasilkan keputusan untuk kemajuan olahraga di Kendal.

“Melalui rakerkab KONI ini, diharapkan semua cabang olahraga dapat mempersiapkan atletnya untuk menghadapi event Porprov 2023. Sehingga target sepuluh besar bisa terpenuhi,” kata Bupati melalui Kadisporapar.

Kemudian Ircham membuka acara Rakerkab KONI Kendal 2022, dengan pimpinan sidang Joko Pranowo Adi, dibantu Sekretaris Nur Fais Subasono dan Anang Ma’ruf.

Dalam acara rakerkab juga meminta persetujuan terkait adanya tiga cabor baru yang masuk di KONI. Yaitu, drumband, arung jeram dan squash. (HS-06)

Pamerkan Atraksi Budaya di Hadapan Ganjar, 264 Kerajaan dan Lembaga Adat Menyatu

Usai Satukan Raja se-Nusantara di Borobudur, Ganjar Suguhkan Pawai Budaya Kerajaan ke Masyarakat