KONI Gelar Lomba Senam Virtual, Bupati Beri Apresiasi Sosialisasi Protokol Kesehatan

Tim juri melakukan penilaian Lomba Senam Kreasi Virtual Piala Bupati Magelang Tahun 2020. (Foto : Magelangkab.go.id)

 

HALO MAGELANG – Ada yang menarik dari Lomba Senam Kreasi Virtual Piala Bupati Magelang Tahun 2020. Tak hanya gerakan demi gerakan senam yang dinilai, tetapi dalam lomba yang digelar oleh KONI Kabupaten Magelang ini, peserta harus mentaati protokol kesehatan.

Para peserta memang melakukan senam di tempat terbuka. Tetapi sesuai nama lomba, mereka juga mengenakan masker dan saling menjaga jarak.

Penilaian pun dilakukan secara virtual. Gerakan demi gerakan yang dilakukan oleh peserta, dipantau oleh tim juri, melalui sebuah layar lebar, dari tempat lain.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin dalam sambutannya mengapresiasi lomba yang baru kali pertama dilaksanakan di kabupaten Magelang tersebut.

“Butuh kreatifitas dan inovasi, di tengah pandemi Covid-19. Kami mengapresiasi kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, KONI telah ikut menyosialisasikan, agar masyarakat menaati protokol kesehatan,” katanya, saat membuka penilaian babak 20 besar lomba senam virtual, Minggu (13/12).

Kegiatan seperti ini, kata Bupati, harus sering diadakan untuk menjaga kesehatan dan imunitas masyarakat. Salah satunya dengan mengajak masyarakat berolahraga, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Derajat kesehatan masyarakat, dipengaruhi empat faktor. Faktor pertama adalah lingkungan, dan perilaku menduduki peringkat kedua. Setelah itu baru pengetahuan dan faktor keturunan. Jadi kegiatan seperti ini harus sering diadakan, agar imunitas terjaga. Namun tentu dengan catatan, tetap menaati protokol kesehatan,” pesannya.

Ketua KONI Kabupaten Magelang, Karjanto Wignyo Widodo mengatakan, selain lomba senam virtual ini, pihaknya juga menggelar enam lomba lainnya. Meliputi lomba karate, taekwondo, pencak silat, panahan, takraw dan basket.

“Karena situasi masih pandemi, semua lomba kami laksanakan secara virtual,” imbuhnya.

Dalam lomba tersebut, Sanggar Senam (SS) Desa Girikulon Kecamatan Secang, menjadi juara 1 Lomba Senam Kreasi Virtual Piala Bupati Magelang Tahun 2020.

Adapun juara 2 diraih SS R Aerofit Kecamatan Sawangan dan juara 3 SD Terpadu Maarif Kecamatan Muntilan.

Untuk juara harapan 1 hingga 3, ditempati oleh SS Era aerobic Salaman, SS Barokah Aerobic Borobudur dan SS MACK Mertoyudan. Sedangkan peringkat 7 hingga 10 diraih oleh, SS Sekar Ayu Aerobic Mertoyudan, SS RBA Pakis, HL-2 Mertoyudan dan KFM Srumbung.

“Sebelum babak 20 besar ini, telah dilakukan penilaian dari 112 pendaftar. Dari sebanyak itu, terdapat 93 peserta yang lolos untuk dinilai di babak penyisihan hingga muncul 20 besar ini,” imbuh Suwarsa, panitia pengarah dari KONI Kabupaten Magelang. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.