Komisi V DPR RI Pantau Arus Mudik Saat Natal dan Tahun Baru

Anggota Komisi V DPR RI, Mochamad Herviano, saat diwawancarai awak media terkait kesiapan menyambut mudik dan Libur Natal 2019 dan Pergantian Tahun 2020, di Hotel Noormans Semarang.

 

HALO SEMARANG – Komisi V DPR RI menyatakan kesiapan pemerintah dalam menyediakan fasilitas pendukung untuk masyarakat yang akan bepergian saat mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Seperti berupa penyediaan infrastruktur jalan yang baik untuk kelancaran lalu lintas.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi V, DPR RI, Mochamad Herviano di sela menerima penghargaan di acara “Tokoh Prestasi 2019 di Hotel Noormans Semarang, Jumat (20/12/2019) malam.

Herviano mengatakan, sebagai mitra kerja dari Kementrian Perhubungan, pihaknya sudah melakukan beberapa pengawasan serta memanggil pihak terkait dalam rapat kerja untuk persiapan arus mudik Natal dan Tahun Baru.

“Selain itu kami juga telah melakukan kunjungan ke Papua Barat. Dan sidak di beberapa wilayah yang padat mobilitasi untuk mudik Natal dan Tahun Baru. Di antaranya di Sumatra Utara, dan jalur lintas Sumatra, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi, serta Jawa Tengah dan NTT. Ini untuk memastikan transportasi baik jalur laut, darat, udara siap digunakan masyarakat. Dan imbauan kepada masyarakat yang akan mudik untuk berkendara dengan tertib agar selamat sampai tujuan,” imbuh politisi dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

Adapun beberapa titik kerawanan di jalur mudik, dari pemerintah sudah ada langkah antisipasi. Seperti penyediaan rest area untuk menunjang kebutuhan pemudik yang melalui jalur darat.

“Silakan untuk bepergian bersama keluarga dan tidak memaksakan jika ngantuk di jalan untuk istirahat di tempat yang disediakan. Karena infrastruktur jalan sudah dalam kondisi baik seperti jalur tol, misalnya di trans Jawa juga sudah siap semuanya,” jelasnya.

Sementara itu, persiapan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT Angkasa Pura 1 di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melaksanakan kegiatan Posko Terpadu Angkatan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto mengatakan, sampai saat ini maskapai yang mengajukan ekstra flight untuk antisipasi peningkatan jumlah penumpang adalah maskapai Nam Air. Yaitu dengan tujuan Semarang – Pangkalanbun sebanyak 1 slot penerbangan perhari, yaitu pada tanggal 18 dan 19 Desember 2019.

“Selain itu, akan ada 10 maskapai yang akan beroperasi di bandara. Yang akan melayani dengan 16 destinasi penerbangan domestik dan 3 maskapai dengan 3 destinasi penerbangan internasional, dengan total sebanyak 8.859 seat per hari untuk masing-masing keberangkatan dan kedatangan,” katanya, belum lama ini.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.