in

Komisi C DPRD Kendal Gelar Sosialisasi Pengendalian dan Pemanfaatan Ruang

Anggota Komisi C DPRD Kendal Muhammad Tommy Fadlurohman saat memberikan pemaparan materi dalam kegiatan sosialisasi pengendalian dan pemanfaatan ruang di Balaidesa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Rabu (20/4/2022).

HALO KENDAL – Komisi C DPRD Kabupaten Kendal menggandeng Dinas PUPR Kabupaten Kendal, menggelar sosialisasi tentang pengendalian dan pemanfaatan ruang yang diadakan di Balaidesa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Rabu (20/4/2022).

Anggota Komisi C yang hadir yakni Muhammad Tommy Fadlurohman (Golkar), Tri Purnomo (PDIP) dan Yusuf (PKB), serta dihadiri peserta dari perwakilan masyarakat di wilayah Kecamatan Kaliwungu Selatan dan sekitarnya.

Muhammad Tommy Fadlurohman mengungkapkan, DPRD Kendal menyambut baik kegiatan yang diadadakan Dinas PUPR ini.

“Dari kegiatan ini, setidaknya masyarakat tahu status kawasan. Misalnya apakah statusnya lahan hijau atau kuning, dan bagaimana pengurusan perizinannya bagi pihak yang akan melakukan kegiatan pengembangan,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Gus Tommy tersebut juga menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan di 20 kecamatan dengan materi tentang kebijakan tata ruang di Kabupaten Kendal.

“Masyarakat perlu mendapatkan informasi tentang kebijakan di daerahnya sehingga dapat berperan aktif dalam pelaksanaannya di lapangan,” ungkapnya.

Hal ini menurutnya, aturan penataan ruang di Kabupaten Kendal sudah banyak mengalami perubahan. Sehingga warga perlu mengetahui hal tersebut agar tidak menyalahi peraturan yang ada.

Untuk itulah pihaknya siap menjadi jembatan untuk kawal aspirasi masyarakat.

“Diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap mengenai kebijakan daerah dan DPRD Kendal siap mengawal kebijakan publik yg ada di Kendal, supaya tetap bermanfaat  dan tidak berdampak buruk kepada masyarakat, akibat berkurangnya lahan hijau,” ungkapnya yang akrab disapa Gus Tommy.

Sementara itu Anggota DPRD lainnya, Tri Purnomo menjelaskan tata cara penyampaian usulan masyarakat terhadap pembangunan di Kabupaten Kendal.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kendal tersebut mengatakan, mekanisme usulan dibahas melalui Musrenbangdes, kemudian dibawa ke Musrenbangcam, baru kemudian usulan bisa dibahas di tingkat kabupaten.

“Termasuk kebijakan tata ruang. Kabupaten Kendal telah melakukan perubahan atas Perda RTRW, apa saja isu strategisnya dan apa manfaat serta dampaknya bagi masyarakat, perlu dipantau penerapannya di lapangan,” terangnya. (HS-06).

Bupati Cilacap Minta Temuan Penjual Makanan Mengandung Zat Berbahaya segera Diproses

BPS Purbalingga Siap Lakukan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan