in

Komisi A Berharap Gedung Perpusda Kendal Bisa Menarik Minat Baca Masyarakat

Komisi A DPRD Kendal saat meninjau pelaksanaan pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal, Selasa (10/8/2021).

 

HALO KENDAL – Komisi A DPRD Kabupaten Kendal, yang diketuai Munawir meninjau Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal, di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal, Selasa (10/8/2021).

Saat meninjau, Munawir mengapresiasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Kendal selaku Mitra Komisi A, yang telah berupaya menghadirkan gedung ini.

“Kami berharap, gedung layanan perpustakaan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya anak-anak dan bisa menjadi gedung kebanggaan Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Munawir, perpustakaan daerah menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dicanangkan pemerintah.

Menurutnya, perpustakaan tidak lagi sekadar sebagai tempat mencari sekumpulan buku ataupun informasi, melainkan menjadi sarana munculnya inovasi-inovasi baru yang berkualitas.

“Untuk mencapai target peningkatan literasi masyarakat, diperlukan peningkatan kualitas fasilitas layanan perpustakaan,” imbuh Munawir.

Komisi A juga meminta agar pengembangan perpustakaan di daerah harus betul-betul memperhatikan berbagai aspek.

“Kami akan mendorong kepada Pemerintah Daerah, untuk bisa menganggarkan kelengkapan fasilitas perpustakaan ini nantinya. Seperti fasilitas AC, meja kursi, dan perlengkapan lainnnya,” tandas Munawir.

Sementara Anggota Komisi A lainnya, Rubiyanto mengungkapkan, dengan mengusung konsep modern yang dapat menarik antusiasme pengunjung dan masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan.

“Perpustakaan daerah harus dibangun modern dengan desain menarik. Dengan ditunjang fasilitas yang lengkap, termasuk koleksi buku-bukunya. Sehingga masyarakat, terutama para milenial betah berada di perpustakaan,” ujar Rubiyanto.

Sementara itu, Plt Kepala Disarpus Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid menjelaskan, perpustakaan yang dibiayai dengan anggaran DAK sebesar Rp 10 miliar ini dibangun di atas lahan seluas 4.606 meter persegi.

“Pembangunan perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat. Selain itu, juga untuk mewujudkan perpustakaan yang layak dan menarik untuk dikunjungi masyarakat khususnya di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Ircham juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan seluruh anggota Komisi A, yang ikut mengawasi pelaksanaan pembangunan.

“Sehingga semua berjalan dengan baik, dan cepat selesai sesuai rencana,” ungkap Ircham.

Dirinya mengungkapkan, sebenarnya pembangunan ini sudah direncanakan sejak awal 2020 lalu. Namun mengalami kemunduran karena ada relokasi anggaran, akhirnya dimulai tahun 2021.

Ircham menambahkan, terkait dengan koleksi untuk pelaksanaan di gedung baru perlu banyak tambahan.

“Terutama kekurangan kita terkait e-book (elektrik buku), masih sangat kurang. Sehingga rencana kita tahun depan, akan menambah koleksi e-book nya. Kalau untuk koleksi buku fisik buku-buku manual, Insya-Allah sudah lumayan, hanya perlu penambahan saja,” ungkapnya.

Sebagai penutup, Ircham menyampaikan, dalam rangka menarik minat masyarakat, pihaknya akan melengkapi dengan fasilitas seperti ruang santai, ruang meeting dan ruang podcast.

“Selain itu juga nantinya perpusda akan dilengkapi dengan ruang audiovisual yang disainnnya dibuat mirip mini bioskop, agar menarik kalangan milenial datang ke Perpustakaan daerah,” pungkasnya.(HS)

Share This

Bea Cukai Tanjung Emas dan BNN, Juga Gagalkan Penyelundupan 148,3 Gram Sabu-sabu Asal Malaysia

Budayawan: Makna Muharram dan Sura Yang Tidak Bertentangan