in

Kominfo Jateng Gelar Monev Kontributor Website Jatengprov

Sekretaris PWI Jateng, Setiawan Hendra Kelana saat memaparkan isi berita yang bisa mengangkat potensi daerah, dalam acara Monev Konteibutor Jatengprov.id, di Pekalongan.

 

HALO PEKALONGAN – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kontributor Berita Daerah Website Jatengprov.go.id, Selasa (28/09/2021) di Hotel Santika Kota Pekalongan.

Acara yang dihadiri oleh jajaran Diskominfo Jateng itu diikuti oleh kontributor Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, dan menghadirkan 2 nara sumber, yakni Sekretaris PWI Jawa Tengah, Setiawan Hendra Kelana dan Chandra Adhie Nugroho.

Dari rilis yang diterima halosemarang.id, Rabu (29/9/2021), dalam sambutannya melalui virtual, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum, sangat mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan ini.

Retna menilai peran para kontributor jatengprov.go.id sangat penting dalam menginformasikan kebijakan, program dan kegiatan serta hasil-hasil pembangunan di masing-masing daerah kepada masyarakat Jawa Tengah pada khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya. Bahkan kepada dunia dipublikasikan melalui media website.

“Hasil-hasil pembangunan maupun berbagai kebijakan, program dan kegiatan yang direalisasikan oleh pemerintah, tidak akan dapat diketahui oleh masyarakat luas jika tidak dikomunikasikan melalui media,” terangnya.

Untuk itu, Riena meminta para kontributor daerah selaku Aparat Sipil Negara yang berada di provinsi, maupun kabupaten/kota mempunyai kewajiban memviralkan hasil-hasil pembangunan tersebut.

“Saya mengamati dengan intensif bahwa berita-berita yang saudara kirimkan merupakan kegiatan pemerintah kabupaten/kota yang terkait dengan kepentingan masyarakat luas, sehingga informasi yang dihadirkan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini terbukti banyaknya respon dari masyarakat luas terkait dengan pemberitaan dari kabupaten atau kota,” paparnya.

Riena juga mengungkapkan, pihaknya mendapat laporan bahwa berdasarkan evaluasi sementara sampai dengan bulan Agustus 2021, realisasi pelaksanaan berita daerah jatengprov.go.id secara umum telah terlaksana dengan baik, dan berita daerah yang terupload ke website jatengprov.go.id sudah sesuai dengan harapan.

“Meskipun pandemi Covid-19 masih berjalan, berita dari kabupaten atau kota yang dikirimkan merupakan tetap up to date, dan tidak basi. Hal itu menunjukkan adanya keseriusan para kontributor berita daerah jatengprov.go.id,” ungkapnya.

Tak lupa, Riena juga mengucapkan terima kasih kepada para kontributor yang telah bekerja dengan baik dalam mendukung pelayanan dan keterbukaan informasi publik melalui website jatengprov.go.id.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan juga kepada nara sumber dan moderator, dari PWI dan Pemkot Pekalongan atas sinergitas dan kerja samanya, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara yang Insha-Allah dapat berjalan baik dan lancar, serta memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan kualitas dan kompetensi para kontributor maupun bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutup Kepala Diskominfo Jateng.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh nara sumber. Pertama disampaikan oleh Setiawan Hendra Kelana yang memaparkan terkait dengan isi berita dan mengangkat potensi-potensi daerah. Sedangkan Chandra Adhie Nugroho memaparkan cara praktis sajikan foto jurnalistik sebagai perangkat pendukung berita.

Usai acara, salah seorang peserta dari Kendal, Heri Susanto mengatakan, kegiatan Monev ini sangat bermanfaat untuk kelancaran ke depannya.

Menurutnya, kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi dirinya selaku kontributor di daerah, selain untuk meningkatkan kemampuan mengolah berita, juga tercipta keselarasan secara teknis pengiriman berita yang akan dimuat di website jatengprov.go.id.

“Kegiatan ini bagus sekali, dan bernanfaat bagi kami selaku kontributor di daerah, khususnya dari Kabupaten Kendal. Sehingga informasi yang disajikan akan lebih bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Heri.(HS)

Share This

Pedagang Johar Keluhkan Kondisi Lapak yang Tidak Representatif

Bupati Kendal Apresiasi Program Baznas Satu Rumah Satu Sarjana