in

Kolaborasi Lintas Perangkat Daerah, Pemkab Pati Siap Turunkan Angka Stunting

Pemkab Pati menggelar audit stunting, Kamis (22/09/2022) di ruang rapat Joyokusumo Setda kabupaten Pati. (Foto : patikab.go.id)

 

HALO PATI – Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Pati, menggelar audit stunting, Kamis (22/09/2022) di ruang rapat Joyokusumo Setda kabupaten Pati.

Ketua Koordinator Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Pati Muhtar, sekaligus sebagai Kepala Bappeda, mengatakan audit ini merupakan usaha bersama untuk menurunkan angka stunting di wilayahnya.

Audit stunting juga merupakan salah satu kegiatan untuk percepatan penurunan angka stunting dan mencari penyebab terjadinya kasus serupa.

Melalui audit ini, Pemerintah akan mengetahui secara pasti, angka sebaran balita stunting agar lebih mudah dalam penanganannya.

Adapun kelompok sasaran audit kasus stunting, tidak hanya balita dan baduta saja namun juga calon pengantin, ibu hamil, dan ibu yang baru melahirkan.

Tim audit stunting terdiri atas tim teknis dari OPD terkait dan tim pakar.

Mereka  terdiri atas para dokter spesialis anak, dokter ahli gizi, dokter spesialis Obstetri dan ginekologi, serta psikolog.

Senada dengan itu Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana, Indriyanto, seperti dirilis Patikab.go.id,  menegaskan bahwa yang terpenting adalah keseriusan pendampingan di lapangan.

Menurut dia, penurunan angka stunting ini bukan menyembuhkan penyakit, tetapi mengubah budaya masyarakat, agar menjadi lebih menyadari tentang bahaya stunting.

Dengan demikian masyarakat dapat ikut berupaya mencegah dan meminimalisasi risiko munculnya kasus stunting. (HS-08)

Kumpulkan Informasi Cukai Ilegal, Tim Gabungan di Demak Beli Rokok Murah

Prediksi Ada Salah Satu yang Habis