in

Kodim Demak Ingatkan Masyarakat Agar Tetap Bermasker

Aparat gabungan Kodim 0716/Demak, Polres Demak, Satpol PP Kabupaten Demak dan Dinas Perhubungan Kabupaten Demak, menggelar operasi yustisi di Pasar Bintoro Demak. (Foto : Demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Kodim 0716/Demak mengimbau masyarakat, untuk tetap mengenakan masker ketika bepergian ke luar rumah, walaupun angka penularan Covid-19 di wilayah itu cenderung rendah.

“Pandemi belum berakhir. Jadi kita terus ingatkan masyarakat, untuk tidak kendor akan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah,” kata Pasiops Kodim 0716/Demak, Kapten Arh Jalalul Hadi, dalam keterangan tertulis, Senin (13/12).

Imbauan itu disampaikan karena belakangan ini, kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, terutama bermasker mulai kembali kendor. Hal itu tampak di tempat-tempat kegiatan masyarakat, antara lain di pasar tradisiional.

Dalam operasi yustisi gabungan di Pasar Bintoro Demak beberapa waktu lalu,  Sejumlah pedagang dan pengunjung, kedapatan tak mengenakan masker. Puluhan pedagang dan pengunjung itu, terbukti abai pada protokol kesehatan.

Mereka pun kemudian mendapatkan teguran dan sosialisasi protokol kesehatan, dari aparat gabungan Kodim 0716/Demak, Polres Demak, Satpol PP Kabupaten Demak dan Dinas Perhubungan Kabupaten Demak.

Sejumlah alasan pun disampaikan masyarakat, seperti lupa, masker sudah kotor, dan lain sebagainya.

Petugas kemudian juga memberikan masker, agar langsung dipakai oleh pedagang atau pengunjung. Pada kegiatan itu, petugas meminta agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dan tidak mengulang kembali kebiasaan tak bermasker di luar rumah.

Petugas juga menekankan agar masyarakat tidak abai, karena pandemi Covid-19 sampai saat ini masih belum berakhir.

Yanto (45), salah satu pengunjung pasar, mengaku bahwa dirinya lupa membawa masker. Dirinya berdalih bahwa setiap hari selalu memakai masker, akan tetapi hari ini karena terburu-buru, sehingga lupa membawa dan memakai masker.

“Tadi saya buru-buru pak. Jadi saya lupa memakai masker. Kalau vaksin saya sudah dua kali pak,” jelasnya.

Dengan masih banyaknya warga yang kedapatan tak memakai masker, para petugas memberikan penjelasan dan sosialisasi tentang protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Demak.

Sementara itu menurut data dari laman corona.demakkab.go.id, hingga Minggu, 12 Desember 2021 pukul 19:00 WIB, sudah tidak ada lagi pasien Covid-19 yang dirawat, baik di rumah sakit Demak, maupun di luar rumah sakit Demak.

Walaupun demikian masih ada satu orang yang menjalani karantina, karena terkonfiormasi postif Covid-19. Secara akumulatif, total kasus Covid-19 di wilayah itu sebanyak 1.2921 kasus. Dari angka tersebut, sebanyak 1.1629 sembuh dan meninggal sebanyak 1.291 orang.

Selain yang terkonfirmasi postif, masih ada 59 orang yang saat ini masih dalam pemantauan, karena merupakan kontak erat dengan pasien Covid-19. Adapun untuk suspek, masih terdapat dua orang yang berada dalam pengawasan. (pur,HS-08).

Pemkab Demak Terima Penghargaan dari KPK

21 Keluarga Satlinmas di Karanganyar Terima Santunan