in

KKP Salurkan 1.500 Paket Bantuan Operasional Melaut bagi Nelayan Cilacap

Penyerahan bantuan kepada perwakilan nelayan di Kabupaten Cilacap pada Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI dan KKP dalam rangka Bulan Bakti Nelayan. (Foto : Cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direkorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT), telah menyalurkan 1.500 paket bantuan operasional melaut untuk para nelayan di Kabupaten Cilacap.

Bantuan tersebut diserahkan dalam rangka Bulan Bakti Nelayan, bersamaan dengan agenda kunjungan kerja anggota Komisi IV DPR RI di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Kamis (7/10).

Selain penyaluran 1.500 paket bantuan operasional melaut, dilakukan juga penyerahan secara simbolis santunan kematian program BPJamsostek, penyerahan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan klaim Asuransi Nelayan Mandiri Terpercaya (Simantep) dari PT Jasindo Kantor Cabang Purwokerto, serta penyerahan kartu kepesertaan Program Pensiun iuran pasti PPIP atau jaminan hari tua DPLK BRI bagi nelayan di Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Ir Mansur MM. sebagai perwakilan Dirjen DJPT dan Anggota Komisi IV DPR RI Sunarna, S.E., M.Hum.

“Selamat datang Pak Mansur dan Pak Narna di Cilacap. Saya memiliki kenangan tersendiri dengan bapak berdua ini, beliau-beliau ini sejak dulu selalu memperhatikan pembangunan di Cilacap dan saya berharap, bapak-bapak akan terus membantu saudara-saudara kita khususnya para nelayan di Cilacap.” kata Tatto, seperti dirilis Cilacapkab.go.id.

Sementara itu Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Ir Mansur MM,  mengatakan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan berencana mengembangkan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC), menjadi Pelabuhan modern bertaraf internasional.

“Dengan begitu PPSC dapat menampung kapal-kapal ikan yang menangkap ikan di wilayah pengoperasian perikanan seperti di wilayah WPP-NRI 573 atau di sekitar Samudera Indonesia dan laut lepas. Ini akan meningkatkan ekonomi di Kabupaten Cilacap pada sektor perikanan,” kata Mansur.

Pemerintah juga akan memberikan asuransi Jaminan Hari Tua kepada nelayan di Kabupaten Cilacap. Asuransi diperuntukkan bagi awak kapal untuk ukuran sampai dengan 5 Gross Tonnage (GT).

“Kemarin telah dilaksanakan sosialisasi untuk JHT ini. Ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan penghidupan pada awak kapal perikanan dan keluarganya jika terjadi pemutusan hubungan kerja atau sudah tidak mampu bekerja. Ini adalah program baru yang tahun ini sedang kita galakan.” Jelasnya.

Anggota Komisi IV DPR RI Sunarna SE Mhum, dalam kesempatan ini juga berjanji akan selalu membantu permasalahan khususnya pada sector kelautan dan perikanan. Pihaknya juga akan terus bekerja sama dan mendukung program-program pemerintah daerah bagi pembangunan Kabupaten Cilacap di segala sektor. (HS-08)

Share This

Hidupkan Wisata Lokal, Wali Kota Magelang : Datang ke Kyai Langgeng, Kunjungi Juga OHD Museum

Ketika Para Nara Pidana Dan Petugas Lapas Wanita Semarang Berjalan Di Atas Catwalk