in

KKN Unnes Sosialisasikan Etika Bermedia Sosial di Desa Karangnongko

Mahasiswa KKN Unnes Giat 6 melaksanakan sosialisasi penggunaan media sosial secara bijak di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Minggu (5/11/2023).

HALO SEMARANG – Mahasiswa KKN Unnes Giat 6 melaksanakan sosialisasi penggunaan media sosial secara bijak di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Minggu (5/11/2023). Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dalam rangka menjalin harmoni di dunia maya.

Mahasiswa KKN Unnes GIAT 6, Dimas Yosi mengatakan, etika bermedia sosial penting dipahami warga Desa Karangnongko, khususnya ibu-ibu PKK RW6, mengenai pentingnya perilaku bijak dalam menggunakan platform media sosial. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat pedesaan dan memberikan pemahaman tentang potensi dampak positif serta negatif dari interaksi di dunia maya,” ujarnya.

Menurut dia, mahasiswa ingin berkontribusi dalam menciptakan lingkungan bermedia sosial yang sehat dan saling mendukung. Dalam sosialisasi ini, ibu-ibu PKK menjadi peserta utama, sedangkan mahasiswa KKN Unnes sebagai fasilitatornya.

Ia mengatakan, sosialisasi bijak bermedia sosial ini dilakukan di Desa Karangnongko, tujuannya menyasar masyarakat pedesaan yang seringkali terpinggirkan dari literasi digital. “Kegiatan ini menciptakan momen berharga yang dapat memberikan dampak positif pada pemahaman masyarakat terhadap penggunaan media sosial,” katanya.

Dimas menegaskan, mahasiswa KKN Unnes mengimplementasikan pendekatan edukatif dengan menyajikan presentasi, diskusi interaktif, dan sesi tanya jawab. Mereka juga memberikan contoh konkret dan tips praktis untuk bersikap bijak dalam bermedia sosial.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap, warga Desa Karangnongko dapat lebih paham dan terampil dalam menggunakan media sosial. Selain itu menjadikan platform tersebut sebagai sarana positif untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Aksi pengabdian mahasiswa KKN Unnes ini menjadi langkah nyata dalam membantu masyarakat menghadapi tantangan di era digital.(HS)

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Senin (11/12/2023)

Pelatihan Konten Kreatif, Ajak Siswa SDN 2 Talun Dalami Makna Pancasila