KKN UIN Walisongo, Ajak Masyarakat Nolokerto Kelola Limbah Sampah Plastik

Mahasiswa KKN RDR 75 UIN Walisongo sedang melatih warga Dusun Kuwayuhan, Nolokerto, Kaliwungu dalam pemanfatan limbah plastik dijadikan kerajinan bunga, Selasa (3/11/2020).

 

HALO KENDAL – Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah 75 (RDR 75) UIN Walisongo Semarang melakukan pengolahan limbah plastik.

Pengolahan limbah tersebut dilaksanakan di rumah Rasita Zahrani di Dusun Kuwayuhan, Desa Nolokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Selasa (3/11/2020).

Mahasiswa KKN RDR 75 UIN Walisongo, Rasita Zahrani mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu program kerja individu.
Kegiatan yang dilakukan di antaranya, pengolahan limbah plastik bersama anak-anak dan warga sekitar.

“Yaitu kerajinan dari pemanfaatan limbah plastik yang tidak terpakai, disulap menjadi hasil kreasi hiasan berupa bunga cantik. Ini bisa dijual dan dapat menghasilkan uang,” terang Rasita.

Khisnil Khikmah, warga Dusun Kuwayuhan mengaku senang dengan adanya pelatihan pengolahan limbah plastik.

Pasalnya biasanya limbah plastik dibuang begitu saja, tapi sekarang bisa dibuat hiasan yang cantik dan bisa dijual.

“Senang dengan pelatihan ini, karena bisa memanfaatkan barang bekas, sehingga menjadi kerajinan yang bisa dijual,” ungkap Khisnil.

Warga lainnya, Sekar Maulina mengatakan, dengan adanya pengolahan limbah plastik ini, maka warga sekitar bisa memanfaatkan limbah plastik yang sudah tak terpakai lagi.

Menurutnya, bahan limbah plastiknya didapatkan dari plastik-plastik bekas pembungkus yang sudah tidak terpakai lagi dan biasanya dibuang.

“Lumayan bisa mengurangi sampah limbah plastik dan memanfaatkan limbah plastik yang sudah tak terpakai lagi menjadi berbagai kreasi yang cantik dan dapat dijual, juga bisa dijadikan hiasan di rumah” kata Sekar.

Menurutnya, dengan diadakannya pelatihan pengolahan limbah menjadi berbagai hiasan cantik ini, maka limbah plastik tersebut juga tidak terbuang dengan percuma.

“Apalagi plastik merupakan jenis sampah yang sulit untuk terurai,” pungkas Sekar.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.