in

Kios Tani BUMDes Babakan Diresmikan, Bupati : Semoga Beri Manfaat Para Tani dan Pendapatan Asli Desa

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM meresmikan Kios Sahabat Tani milik BUMDes Babakan, Kecamatan Kalimanah, Minggu (16/1). (Foto : Purbalinggakab.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM berharap dengan adanya Kios Sahabat Tani milik BUMDes Babakan, para petani di wilayah ini lebih bersemangat untuk berjuang lebih keras, membangkitkan sektor pertanian. Melalui kios ini, petani dipermudah, dari yang tadinya harus mencari pupuk dan produk pertanian lainnya di kota, kini tersedia di desanya sendiri.

Hal itu diungkapkan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM, ketika meresmikan Kios Sahabat Tani milik BUMDes Babakan, Kecamatan Kalimanah, Minggu (16/1).

Kios di Jalan Raya Babakan – Rupakpicis ini, menjual aneka produk pertanian, seperti pupuk, obat-obatan pertanian, bibit, dan benih.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM berharap kios ini bisa memberi manfaat kemaslahatan bagi masyarakat khususnya para kadang tani di Desa Babakan.

Dia juga mengapresiasi Kepala Desa Babakan, yang telah mengembangkan BUMDesnya.

“Saya mengapresiasi karena Bapak Kades telah memberi perhatian lebih terhadap pemberdayaan BUMDes dan pemberdayaan sektor pertanian. Mudah-mudahan dengan dibangunnya kios Sahabat Tani akan menambah semangat Direktur BUMDes untuk memberdayakan unit-unit yang ada sehingga berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa,” katanya.

Unit Usaha

Kepala Desa Babakan, Muhammad Setiadi mengungkapkan BUMDes Babakan yang diberi nama ‘Jatimalang’ ini telah mengelola beberapa unit usaha.

Di antaranya pengelolaan 8 ruko, bisnis tanaman hias, bank sampah dan kios ‘Sahabat Tani’ yang bekerjasama dengan Gapoktan.

Ia memastikan BUMDes Babakan juga akan mengembangkan usaha lagi produk makanan, pasar desa, dan wisata religi.

“Lahan persawahan di Babakan ada seluas 80 hektare dengan jumlah petani 188 orang, sesuai dengan RDKK petani Babakan mendapatkan pupuk bersubsidi, urea 78 ton, NPK 175 ton, dan pupuk organik 11 ton. Kami harap nantinya berharap nantinya dengan dibukanya Kios Sahabat Tani mudah-mudahan penyediaan pupuk bersubsidi bisa dilakukan toko ini,” katanya.

Mewakili masyarakat Babakan, Ia mengucapkan terima kasih atas program pembangunan yang telah diberikan Pemkab Purbalingga. Mulai dari beberapa pembangunan jalan usaha tani, penerangan jalan dari Dusun Slatri ke Mijen, pengaspalan jalan kabupaten di Babakan. Kali ini, ia mengusulkan agar ruas jalan Babakan – Klapasawit diberi penerangan, serta para petani Babakan difasilitasi pembangunan lumbung pangan. (HS-08)

Fenomen Istri Bekerja di Purbalingga Sering Timbulkan Perceraian

Puncak Omicron Diprediksi Februari-Maret, Menkes Minta Tetap Waspada dan Tidak Panik