in

Kinerja 2021, Baznas Klaten Berhasil Membukukan Rp 4,4 Miliar Dana Umat

Foto : Klatenkab.go.id

 

HALO KLATEN – Lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Klaten, berhasil menghimpun amal zakat, infak, dan sedekah (ZIS) umat Islam, sebesar Rp 4,4 miliar pada tahun 2021.

Dari dana yang terkumpul tersebut, zakat merupakan angka terbesar, yakni Rp 3.655.184.691 dan sumber infak tercatat Rp 765.046.105,00.

Sekretaris Pimpinan Baznas Klaten, Wahyudi Martono, Senin (10/1/2022)  menjelaskan potensi ZIS di Klaten masih sangat besar. Potensi yang bisa digali, adalah dari kalangan ASN Klaten.

“Dari catatan kami ASN atau perangkat daerah yang membayar zakat dan infak masih 12 persen. Kalau kalangan ASN ini bisa didorong komitmennya membayar zakat, saya yakin ZIS yang bisa dihimpun melalui Baznas bisa jauh lebih besar. Selama ini pembayar zakat terbesar tercatat dari jajaran Kementerian Agama Klaten sebesar 42 persen,” jelasnya.

Wahyudi Martono menambahkan, Baznas sebagai lembaga non struktural pemerintah, selalu bersinergi dengan program kebijakan pemerintah. Dua permasalahan yang selama ini dilakukan Baznas Klaten, salah satunya adalah penanganan kemiskinan dan dampak covid bagi masyarakat.

“Baznas Klaten akan selalu mencoba menyelaraskan dengan program dan kegiatan pemerintah. Misalnya kemarin Baznas ikut membantu program pengentasan kemiskinan dengan membangun bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 50 warga miskin masing-masing senilai 10 juta. Ada juga program bea siswa bagi anak yatim piatu korban covid 19,” tambahnya.

Baznas Klaten, saat ini berkantor di kompleks Masjid Raya Klaten. Untuk Layanan ZIS dan konsultasi dapat menemui petugas dari Senin sampai Jumát mulai jam 07.30 – 16.00 WIB. (HS-08)

Antisipasi Penyalahgunaan, Wabup Hanies Minta Dintanpan Rutin Cek Bantuan Alat Pertanian

Gelar Apel Senin Pagi, Sekjen: Tingkatkan Rasa Kebangsaan dan Cinta Tanah Air