Khabib Layak Dinobatkan Sebagai Petarung Terbaik

Khabib Nurmagomedov menangis selepas menaklukkan Justin Gaethje.(dok)

 

HALO SPORT – Khabib Nurmagomedov, juara kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC), membuat kejutan setelah berhasil mempertahankan gelarnya dan menyatakan pensiun dari pertarungan MMA.

Petarung asal Rusia itu menang atas Justin Gaethje lewat kuncian leher yang cantik pada ronde kedua dalam UFC 254 di Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (25/10/2020) dini hari WIB.

Selepas menambah rekor menterngnya di oktagon, Khabib langsung menyatakan pensiun. The Eagle memiliki rekor sempurna, 29-0 dalam karier mixed martial arts (MMA) profesionalnya dan 13-0 di UFC.

“Permintaan terakhir saya buat UFC adalah kalian harus menjadikan saya petarung nomor 1 pound for pound di dunia, karena saya layak mendapatkannya,” ungkap Khabib.

Saat ini Nurmagomedov masih menjadi petarung terbaik kedua di bawah Jon Jones. “Saya juara sejati di kelas ringan tanpa kalah. Terima kasih untuk semuanya,” tegas Khabib.

Sejak kepergian sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov, isu dia akan pensiun memang mencuat. Khabib kali pertama meraih sabuk juara kelas ringan dengan menumbangkan Al Iaquinta pada April 2018.

Fighter 32 tahun itu kemudian berhasil mempertahankan titelnya dalam tiga laga beruntun. Khabib dikenal sebagai pegulat hebat yang punya kuncian mematikan.

Tentu saja, keputusan mundur ini sangat mengejutkan bagi kalangan petarung UFC. Mananggapi permintaan sebagai petarung terbaik, Presiden UFC, Dana White menegaskan hal itu sangat mungkin terjadi.

“Setelah apa yang terjadi kepada ayahnya, dia masih bisa melakukan ini semua. Dia pantas mendapatkan gelar petarung pound-for-pound nomor satu di dunia. Dia pantas menyandang status GOAT (Greatest of all time). Kami harus membuat patungnya,” tutur Dana.

Menurut Dana White, Khabib Nurmagomedov layak diberi gelar petarung UFC terbaik sepanjang masa. Dana menuturkan, Khabib begitu berbahaya di dalam arena pertarungan, serta begitu rendah hati di luar arena.

Namun pernyatan Dana White ini segera direspon oleh Bintang UFC Jon Jones, yang saat ini menjadi petarung nomor 1 pound for pound di dunia. Dirinya tak sudi mengakui Khabib Nurmagomedov dijuluki petarung terhebat sepanjang masa atau GOAT (greatest of all time) di UFC.

Jones tercatat sebagai juara kelas berat ringan terlama di UFC dan merasa prestasinya lebih mentereng dari Khabib.

Jones sebenarnya memuji performa impresif Khabib di UFC 254. Namun, dia tak terima Khabib dijuluki sebagai petarung terhebat sepanjang masa di MMA. Jones merasa punya prestasi yang tak kalah mengilap dari The Eagle.

“Saya akan meminta sabuk juara dunia kelas berat dan menanti apakah mereka akan memberikannya kepada saya. Karena saat ini kita bisa meraih prestasi dengan hanya memintanya,” buka Jon Jones di Twitter pribadinya.

“Saya telah memenangkan 15 gelar juara dunia sementara Khabib baru meraih gelar keempat. Fakta ini membuat saya terkejut tentang pembicaraan ini (petarung terhebat sepanjang masa),” tambah Jon Jones.

Komentar Jon Jones di media sosial menuai perdebatan. Bahkan sebagian netizen menilai gelar Jones lebih banyak didapatkan melalui kemenangan angka.

Petarung asal Amerika Serikat itu pun tak segan menanggapi pernyataan warganet di Twitter.

“Maksud saya, jika saya harus kalah peringkat dari petarung yang hanya mampu mempertahankan gelar di tiga pertarungan, saya benar-benar tidak tahu harus berpikir apa lagi,” ujarnya menanggapi komentar salah satu netizen.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.