in

Ketua Mabigus MI Ma’arif NU 1 Pageraji Banyumas Sebut Gudep Jadi Ujung Tombak Pembinaan Karakter Pemuda

Foto : Banyumaskab.go.id

 

HALO BANYUMAS – Gugus depan Pramuka merupakan ujung tombak, dalam pengembangan pembinaan karakter kaum muda, khususnya di lingkungan satuan pendidikan.

Hal itu disampaikan Akhmad Thontowi, setelah dilantik menjadi Ketua Mabigus Pangkalan MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kwarran Cilongok.

Pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan Ketua Gugus Depan (Gudep) Pangkalan MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kwarran Cilongok, Masa bakti 2022-2025, dilaksanakan baru-baru ini oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwartir Ranting (Kwarran) Cilongok, Kabupaten Banyumas, Puji Widadi.

Majelis Pembimbing Gugus Depan diketuai Kepala MI Ma’arif, Akhmad Thontowi. Adapun untuk Ketua Gugus Depan Putra diketuai Minanurohman dan Ketua Gugus Depan Putri diketuai Unik Masnunah.

Turut hadir dan menyaksikan pelantikan 9 Pengurus Kwaran Cilongok dan pembina MI setempat

Usai pelantikan, Ketua Mabigus Akhmad Thontowi, mengatakan gugus depan merupakan satuan terdepan pembinaan kaum muda di lingkungan Gerakan Pramuka.

Oleh karenanya gugus depan merupakan ujung tombak, dalam pengembangan pembinaan karakter kaum muda, khususnya di lingkungan satuan pendidikan.

“Sangatlah penting kehadiran gugus depan di lingkungan satuan pendidikan. Dan karenanya MI Ma’arif NU 1 Pageraji, melaksanakan pelantikan Majelis Pembimbing dan Pengurus Gugus depan,” kata dia, seperti dirilis banyumaskab.go.id.

Kamabigus berharap dengan proses yang benar, gerakan pramuka di Madrasah ini akan berdampak positif bagi madrasah, guru, dan siswa, agar di masa mendatang muncul anak Indonesia yang memiliki gaya kepemimpinan model pramuka.

“Saya mengajak kepada para pembina, guru dan siswa untuk ikut serta dalam pengembangan kepramukaan, sehingga melalui gerakan pramuka akan membangun karakter anak bangsa,” lanjutnya.

Untuk mempersiapkan pembina yang kompeten, pihaknya segera mengikut sertakan para guru yang belum mengikuti Kursus Mahir Dasar.

“Yang belum KMD akan kita ikutkan KMD, yang sudah KMD kita ikutkan KML dan selanjutnya,” paparnya.

Dengan pembina yang kompeten ia berharap semua siswa MI Pageraji bisa memiliki pengalaman bermakna tentang Pramuka dan membumikan Pramuka di Madrasah, sehingga dapat menjadi Gugus Depan Mantap yang melahirkan anak anak yang berkarakter dan berprestasi.

“Semua keluarga besar MI Maarif NU 1 Pageraji termasuk orang tua harus kenal Pramuka secara baik dan benar,” kata dia. (HS-08)

Puluhan Atlet dari Berbagai Daerah, Ikuti Jawara Grappling Tournament 2022 di Boyolali

Kaya Potensi, Pariwisata Kabupaten Semarang Belum Tergarap Optimal