in

Ketua KONI Kota Semarang Tekankan Konsep Bergerak Bersama Untuk Majukan Olahraga Kota Semarang

Para atlet wushu yang tampil dalam acara Silaturahmi Stakeholder dan KONI Kota Semarang di Golden City Hotel, Rabu (22/9/2021).

 

HALO SEMARANG – Konsep bergerak bersama yang diusung Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dalam membangun kota, akan diimplementasikan pula dalam upaya memajukan olahraga.
Hal itu disampaikan Ketua Umum KONI Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara di mana prestasi olahraga harus ditingkatkan ke level tertinggi.

“Apalagi olahraga adalah representasi dari namanya harga diri sebuah daerah. Maka kegiatan silaturahmi stakeholder, KONI dan cabang olahraga ini dimaksudkan untuk membangkitkan harkat dan martabat Kota Semarang melalui bidang olahraga dengan konsep bergerak bersama. Biarkan atlet yang berjuang, stakeholder dan masyarakat cukup mensupport,” ujar Arnaz Agung Andrarasmara dalam silaturahmi stakeholder dengan KONI Kota Semarang dan Cabang Olahraga, Rabu (22/9/2021).

Menurut Arnaz, mensupport tidak dengan harus uang, misal pengusaha properti bisa menyediakan sarana prasarana olahraga, perusahaan besar korporasi bisa memberikan kesempatan atlet untuk magang kerja di korporasi tersebut.

“Selama ini Pemkot Semarang mengangkat atlet berprestasi menjadi non-ASN, tapi pemkot tidak bisa sendirian dalam mengayomi para atlet, butuh sinergi dengan semua stakeholder dalam mengayomi para atlet Kota Semarang,” ujarnya.

Kemudian akademisi, lanjut Arnaz, support bisa melalui pemberian beasiswa khusus mahasiswa atlet dan untuk sekolah bisa memberikan kelas khusus olahraga.

“Silaturahmi ini sengaja kami selenggarakan karena saya ingin menggugah rasa dan kecintaan terhadap olahraga. Apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi Porprov Jateng dan ini menjadi tantangan tersendiri karena harus mempertahankan juara umum,” jelas Arnaz.

Arnaz juga menegaskan, kegiatan ini digelar bukan tidak ada alasan, selain untuk mengugah rasa dan kecintaan terhadap olahraga. Karena dirinya yakin, KONI Kota Semarang memiliki infrastruktur yang baik.

“Saya berdiri di sini tidak mungkin kalau KONI Kota Semarang tidak punya insfrastruktur. Insya-Allah tahun ini KONI Kota Semarang di ISO kan dan ini satu-satunya KONI di Indonesia yang memiliki ISO,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Arnaz, profesionalitas di jajaran pengurus KONI Kota Semarang menjadi hal yang utama dan akan terus dikembangkan ke cabang olahraga.

“Saya berharap sinergitas ini akan terus terjaga melalui konsep bergerak bersama dan saya menginginkan adanya kejuaraan dari perusahaan-perusahaan, tidak harus skala besar tapi bisa menciptakan atlet-atlet di Kota Semarang,” harapnya.

Adapun, indikator keberhasilan dalam olahraga, lanjut Arnaz, yakni adanya cek atau tes kebugaran secara berkala dan adanya event kejuaraan yang konsisten.

“Dengan bergerak bersama, saya ingin mengajak semuanya agar olahraga di Kota Semarang semakin maju baik tingkat lokal, nasional maupun internasional,” harap Arnaz.

Sementara itu Asisten II Pemkot Semarang, Widoyono menyambut positif kegiatan silaturahmi ini karena olahraga bisa menciptakan efek domino yang luar biasa.

“Saya sangat mendukung dan apreasiasi yang luar biasa atas kegiatan KONI, stakeholder dan akademisi serta pengusaha ini dalam rangka memajukan olahraga di Kota Semarang,” ujar Widoyono.

Karena dengan majunya olahraga, maka akan tercipta Sport Investment dan Sport Tourism. Dengan banyaknya prestasi atlet di Kota Semarang, maka akan dilirik oleh daerah lain.

“Dengan banyaknya daerah lain tertarik dengan prestasi atlet Kota Semarang, maka akan mendatangkan investor di semua sektor. Ini akan menjadi investasi tersendiri untuk Kota Semarang,” ujar Widoyono.

Setelah adanya investasi, lanjut Widoyono, event-event kejuaran harus digelar baik regional, nasional, maupun internasional. Maka akan menjadi sport tourism yang berdampak domino dalam semua sektor.

“Dengan adanya event olahraga maka akan mendatangkan efek domino, hotel akan bergairah, wisata akan naik, secara ekonomi akan baik dan meningkat,” terang Widoyono.

Senada, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Rahmulyo Adi Wibowo menegaskan, sport tourism akan berdampak domino yang luar biasa.

“Kami sebagai mitra KONI Kota Semarang akan mensupport penuh dalam rangka pengembangan Sport Tourism,” tandasnya.(HS)

Share This

Baru Diperiksa Inspektorat Kendal, Pasar Sementara Weleri 1 Yang Roboh Malah Dibongkar Pelaksana Proyek

Dukung Pembelajaran Kreatif, Dosen USM Berikan Pelatihan Bagi Guru Madrasah