Ketua DPRD Ajak Warga Ikut Sukseskan Pilwakot Semarang 2020

Dialog interaktif bersama parlemen yang diselenggarakan Sekretariat DPRD Kota Semarang di Hotel Gets Jl MT Haryono Kota Semarang pada Selasa (13/10/2020).

 

HALO SEMARANG – Pihak DPRD Kota Semarang mengajak masyarakat untuk ikut mensukseskan Pilwakot Semarang 2020.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman saat menjadi pembicara utama dalam dialog interaktif bersama parlemen yang diselenggarakan Sekretariat DPRD Kota Semarang di Hotel Gets Jl MT Haryono Kota Semarang pada Selasa (13/10/2020).

Dialog tersebut mengangkat tema “Menyelamatkan Jiwa dan Demokrasi di Pilkada”, dan dihadiri dua pembicara lain. Yakni Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassadra Goeltom dan Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin.

Selain itu hadir pula sejumlah ketua KPPS, Panwaslucam, dan beberapa jurnalis. Tema yang diangkat kali ini berkaitan dengan situasi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum ada kepastian kapan akan berakhir atau bisa diatasi.

Menurutnya, tugas berat yang harus dilaksanakan Pemkot Semarang, KPU Kota, dan Bawaslu Kota adalah menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang yang akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020 dan dalam situasi pandemi.

Para pemangku kebijakan pun sepakat bahwa Pilkada kali ini berstatus darurat, sehingga akan dilaksanakan dengan berbagai peraturan baru.

Atas kondisi tersebut, Pilus, sapaan akrab Kadarlusman mengimbau kepada masyarakat agar tetap secara disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam menghadapi Pilkada ini.

“Saya mengajak seluruh warga Kota Semarang mensukseskan Pilkada dengan mendatangi TPS pada tanggal 9 Desember 2020,” ujarnya.

Pilus memahami, bahwa kondisi pandemi ini menyulitkan berbagai macam aktifitas keseharian warga. Namun dia juga mengatakan bahwa Pilkada sebagai amanat konstitusi, sehingga harus dijalankan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita tak bisa memilih harus memprioritaskan yang mana, karena semua harus kita laksanakan bersama dan kita selamatkan bersama. Baik demokrasi maupun penyelenggara pemilu dan masyarakat pemilih. Saya optimistis KPU dan Bawaslu mampu menerapkan pilkada yang sehat dan demokratis,” ujar Pilus.

Dengan segala upaya yang telah dilakukan KPU dalam mempersiapkan Pilkada di masa pandemi ini, dirinya memberikan apresiasi setinggi-tingginya. “Saya kira semua hal yang sudah dipersiapkan KPU sudah sangat maksimal. Saya mengapresiasi semua kerja keras itu,” jelasnya.

Pilus juga berharap agar kinerja KPU selalu konsisten untuk memberikan jaminan kepada masyarakat untuk datang ke TPS.

“Meski begitu, saya berharap kepada KPU agar terus memberikan informasi positif terkait Pilkada supaya masyarakat tidak merasa ketakutan untuk hadir di TPS pada gelaran Pilkada nanti,” ungkapnya.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom juga mengajak masyarakat Kota Semarang untuk jangan takut datang ke TPS.

“Mari kita ciptakan Pilkada yang aman sukses, lancar, dan sehat serta lestari. Dan tentunya terbebas dari Covid-19. Masyarakat harus terus berkontribusi dalam penyelenggaraan negara dalam bentuk partisipasi pesta demokrasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Semarang M Amin mengajak masyarakat agar sengkuyung bareng dan mengawasi proses penyelenggaraan Pilkada pada setiap prosesnya.

“Saya harap masyarakat mau menyengkuyung bareng dan bisa saling mengawasi setiap proses dari tahapan ke tahapan Pilkada ini,” ujarnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.