Ketua Baznas Jateng: 1 Januari Hingga 31 Oktober Terhimpun Dana Zakat Rp 45 Miliar

Ketua Baznas Jateng KH Darodji dan Ketua PWI Jateng, Amir Machmud menjadi narasumber saat acara Gathering Media, Kamis (12/11/2020).

 

HALO SEMARANG – Sejak tanggal 1 Januari hingga 31 Oktober 2020, hasil dana dari penghimbunan zakat, infaq, dan sodaqoh (ZIS) di Jawa Tengah mencapai Rp 45,8 miliar. Hal ini disampaikan Ketua Baznas Jateng, KH Darodji, saat acara Media Gathering sosialisasi lomba Penulisan Kiprah Baznas Jateng, Kamis (12/11/2020).

KH Darodji mengatakan, perolehan ZIS tiap bulannya naik turun, dengan besaran rata-rata sebesar Rp 4-5 miliar per bulan.

“Rata-rata Rp 5 miliar tiap bulan, dan tertinggi yakni di bulan September 2020 sebesar Rp 7 miliar,” katanya.

Dari hasil pengumpulan zakat tersebut, memang masih jauh dari potensi yang ada. Sebab, belum banyak masyarakat yang mau menjadi muzakki atau pemberi zakat.

“Saat ini, paling banyak muzakki dari aparatur sipil negara (ASN), belum menyentuh masyarakat lainnya. Seperti di perguruan tinggi dan perusahaan-perusahaan swasta,” terangnya.

Dari total penghimpunan dana zakat itu, sebesar 40 persen digunakan untuk memberikan pelatihan dan usaha produktif bagi masyarakat yang berhak menerima. Diharapkan, suatu saat mereka yang pernah diberi zakat bisa menjadi muzakki atau pemberi zakat.

“Usaha produktif ini seperti untuk pemberian pelatihan budi daya lele dengan sistim biovlok, budi daya cacing sutra, dan jangkrik. Atau untuk membantu para pedagang pasar guna modal usahanya. Besaran zakat yang diberikan Rp 3 juta,” katanya.

Sementara Ketua PWI Jateng, Amir Machmud mengatakan, dengan adanya kerja sama Baznas Jateng dengan PWI Jateng untuk menggelar lomba penulisan kiprah Baznas Jateng, diharapkan bisa lebih mengenalkan Baznas ke masyarakat.

Apalagi hadiah yang disiapkan cukup besar, mencapai Rp 39 juta.

“Adapun ketentuan lomba yang akan dibuka pada 14 November 2020-15 Desember 2020. Yakni peserta mengirimkan karya yang sudah termuat di media masing-masing melalui Google form link: https://bit.ly/ZUi62hx. Sedangkan proses penjurian mulai tanggal 20 Desember 2020, serta hasil pemenang diumumkan pada 29 Desember 2020,” imbuhnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.