Ketua Bawaslu RI: Tanggapi Kemenangan Secara Bijak, Tidak Perlu Berlebihan

Ketua Bawaslu RI, Abhan didampingi Ketua dan Komisioner Bawaslu Kendal, saat hadir di rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Hasil Pilkada Kabupaten Kendal, di Kantor KPU Kendal, Selasa (15/12/2020).

 

HALO KENDAL – Bawaslu berharap, para calon yang untuk sementara dinyatakan menang di Pilkada, bisa merayakan dengan bijak dan tak perlu berlebihan. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Abhan saat hadir dalam acara Rekapitulasi Penghitungan Hasil Pilkada Kabupaten Kendal 2020, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal, Selasa (15/12/2020).

Saat dijumpai awak media, Abhan mengapresiasi pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Kendal yang menerapkan protokol kesehatan dan berjalan lancar tanpa ada gangguan keamanan.

Menurutnya, baik KPU maupun Bawaslu sebagai penyelenggara, sudah sejak awal mensosialisasikan protokol kesehatan bagi warga maupun peserta pemilu. Begitu juga kepada para pemilih.

“Saya apresiasi komitmen dari penyelenggara Pilkada, dalam penerapan protokol kesehatan, saat pelaksanaan Pilkada 2020. Jadi selama ini yang ditakutkan akan munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di Pilkada Serentak, tidak terbukti,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Abhan berpesan, agar dalam menanggapi perolehan suara yang didapatkan oleh para calon Pilkada secara bijak dan tidak perlu berlebihan.

“Kemenangan hasil Pilkada jangan ditanggapi secara berlebihan. Jangan sampai pelaksanaan pemungutan suara yang sudah berjalan dengan baik, akan berubah menjadi tidak baik karena euforia kemenangan dari calon,” tandasnya.

Disinggung soal potensi gugatan, Abhan mengatakan, bahwa potensi tersebut terbuka jika selisih ambang batas antara 0.5% hingga 2%.

“Ya kita berharap pascapenetapan hasil Pilkada nanti, jika ada yang tidak puas atau tidak menerima, jangan melakukan hal yang anarkis. Tetapi tempuh jalur konstitusi sesuai dengan aturan yang sudah ada,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.