in

Ketjeh Resto di Klaten Tawarkan Wisata Kuliner Sambil Bermain Air

Pemandangan di Ketjeh Resto Klaten. (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Konsep yang ditawarkan Ketjeh Resto di Desa Wangen, Polanharjo, Klaten ini memang unik. Selain bisa menikmati beragam menu yang ditawarkan, pengunjung juga bisa bermain air atau bersantap di tengah aliran sungai berarus tenang.

Anak-anak pun menangkap ikan-ikan kecil menggunakan jaring, atau sekadar bermain di sungai dengan air yang hanya setinggi mata kaki tersebut.

Di masa pandemi Covid-19 ini, pengelola juga menempatkan meja dengan jarak yang berjauhan satu sama lain. Walaupun demikian, karena luasnya area objek wisata ini, di sungai itu bisa ditempatkan 40 meja bergaya piknik, dilengkapi atap untuk berlindung dari panas Matahari.

Selain area kolam air, pengelola juga menyediakan tempat duduk dan lesehan di tepi sungai. Adapun bagi pengunjung yang hobi berswafoto, banyak bagian di Ketjeh Resto itu bisa dijadikan latar belakang.

Apip (27) seorang petugas informasi, seperti dirilis Klatenkab.go.id, menuturkan awalnya lokasi Ketjeh Resto hanyalah lahan menganggur yang dipenuhi kangkung. Tetapi air bening di sungai itu, bisa mengalir sepanjang tahun.

“Lokasi objek wisata Ketjeh Resto menempati tanah kas desa. Luasnya hampir 4 ribu meter. Lalu ada ide melalui kelompok pengajian desa setempat, untuk membangun lahan kosong itu jadi objek wisata. Maka dikonseplah destinasi wisata yang memadukan potensi air sungai, resto, pelatihan berkuda, dan memanah,” tuturnya.

Karena tidak ada modal, para anggota kelompok pengajian itu pun melakukan patungan. Uang yang terkumpul pun, kemudian digunakan untuk menyulap tempat itu menjadi sebuah resto unik.

“Semangat kepemilikan Ketjeh Resto adalah kebersamaan. Jadi setiap anggota pengajian itu, mengumpulkan uang atau kemi istilahkan menanam saham. Alhamdulilah awal Desember 2020, kami perkenalkan kepada masyarakat. Sambutan masyarakat juga sangat bagus. Ibu Bupati Klaten pernah berkunjung. Kabarnya Pak Ganjar juga akan datang. Tetapi karena pandemi, rencana kunjungan Pak Gubernur tertunda” kata dia.

Lanjut Apip, konsep wisata yang dikembangkan Ketjeh Resto adalah kepedulian lingkungan. Dengan demikian diharapkan kebersihan dan kelestarian lingkungan ini, diharapkan dapat tetap terjaga.

“Desa Wangen dan sekitarnya sumber air melimpah. Ikan air tawar juga bagus di sini. Bagi yang gemar berkuda, juga ada wahana berkuda dan memanah. Jadi Ketjeh Resto cocok untuk acara wisata keluarga,” kata dia. (HS-08)

Share This

Bupati Agung Promosikan Batik Pemalangan

Catatan Buruk PS Sleman Belum Berakhir