in

Ketika Pengurus KONI Kendal Diajak Nikmati Rafting Susuri Sungai Elo Magelang

Para pengurus KONI Kendal mengikuti kegiatan rafting di sungai Elo, Kabupaten Kendal, Minggu (9/10/2022).

SETELAH mengikuti Desiminasi Manajemen Olahraga, pengurus KONI Kabupaten Kendal, mengikuti kegiatan rafting arum jeram, Minggu (9/10/2022).

Rafting merupakan olehraga air di alam terbuka, dengan sungai mengalir, hangatnya sinar matahari, dan udara segar dapat membuat relaks sejenak dari berbagai aktivitas keseharian. Hal ini dapat membantu menghilangkan stres dan penat yang selama ini menghantui.

Rafting juga termasuk olahraga yang menyenangkan karena memiliki unsur rekreasi. Hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan hormon bahagia, sehingga baik untuk kesehatan mental.

Rafting di Kabupaten Magelang menawarkan arung jeram atau rafting yang menelusuri sungai Elo. Sungai ini sampai saat ini adalah sungai yang paling ramai dengan wisata arung jeram ini dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan wisata budaya Candi Borobudur dan Candi Mendut.

Rafting di sungai Elo tersebut dipandu dan didampingi oleh para pemandu yang profesional dan menguasai medan.

Bari, pemandu Rafting sungai Elo, sebelum melepas para peserta dari KONI Kendal memberikan panduan panduan dari cara memegang dayung yang benar dan cara mengayunkan untuk membuat perahu karet bergerak.

“Jarak yang akan kita tempuh di sungai Elo ini nantinya sekitar 12 kilometer dengan waktu dua setengah sampai tiga jam, jika kita mendayung dengan benar. Kalau tidak mendayung ya bisa seharian,” ujarnya sambil dibumbui kelakar.

Sebelum berangkat, para peserta rafting diminta untuk memeriksa alat kelengkapan safety. Mulai dari pemakaian helm dan pelampung.

“Perjalanan kita akan banyak menemui arus yang lumayan deras dengan bebatuan. Kepada peserta dicek dulu kelengkapan safetynya. Untuk helm yang benar pemakaiannya. Sedangkan untuk pelampung jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Kendal, Subur Isnadi mengatakan, kegiatan rafting merupakan rangkaian program kegiatan KONI. Menurutnya, dengan rafting ini bisa diambil filosofinya, yakni nilai kebersamaan dan kerja sama dalam mencapai tujuan.

“Semua pengurus setelah tadi malam mengikuti desiminasi manajemen olahraga, pagi ini kita ajak untuk rafting arung jeram di sungai Elo,” ujar Subur.

Rafting termasuk olahraga berkelompok, yang membutuhkan koordinasi dan kerja sama tim yang baik. Selain dapat melatih skill kerja tim, berada dalam kelompok juga membantu kita lebih terikat dengan rekan satu tim.

“Jadi kita bisa mengambil hikmah, bahwa untuk mencapai sebuah tujuan, kita harus bekerja sama dan saling membantu,” ungkap Subur.

Salah satu peserta yang juga pengurus KONI Kendal, Mahroji mengaku senang bisa mengikuti kegiatan rafting ini. Menurutnya ada sensasi tersendiri dengan mengikuti kegiatan rafting ini.

“Ada sensasi kebersamaan yang kami rasakan. Semua saling bergembira dan saling bekerjasama saat mendayung. Pokoke asyik lah,” ungjkapnya.(HS)

Peringatan Maulid Nabi, Menag Ajak Umat Islam Jaga Harmoni dan Teladani Rasulullah

Pusar Bayi Baru Lahir Bodong Bisa Jadi Tanda Kekurangan Hormon Tiroid