in

Kesehatan Jamaah Haji Purbalingga Selama di Madinah Stabil

Jemaah haji Purbalingga. (Foto : purbalinggakab.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Kondisi kesehatan para jamaah haji kloter 71 dan 72 Kabupaten Purbalingga, usai mengikuti rangkaian kegiatan selama di kota Madinah terpantau baik dan stabil.

Hal tersebut disampaikan tim kesehatan, yang juga Kepala Puskesmas Kemangkon Purbalingga, Suharno, Sabtu (22/7/2023).

Senada dengan Suharno, ketua kloter 71, Yuni Eko mengatakan jamaah haji Purbalingga telah mengikuti city tour pada Rabu (19/7) lalu, menggunakan 7 bus.

Jamaah berangkat pukul 6 pagi waktu setempat, menuju ke Masjid Quba, Masjid Qiblatain, kebun kurma, dan Jabal Uhud, serta kembali ke hotel pukul 11 waktu setempat.

“Kondisi kesehatan jamaah sudah stabil, yang sakit batuk pilek 1-2 orang,” kata dia, seperti dirilis purbalinggakab.go.id.

Eko melanjutkan, pada Jumat (21/7/2023) jamaah haji Purbalingga juga dengan tertib masuk ke Roudhoh, yang merupakan salah satu tempat yang dianjurkan untuk berdoa di Masjid Nabawi.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pertama untuk jamaah laki-laki yang dilaksanakan pada pukul 16.30 waktu Saudi dan sesi kedua untuk jamaah perempuan pada pukul 22.30.

Sesuai aturan dari panitia setempat, jamaah haji yang hendak masuk Roudhoh harus melalui 3 kali pemeriksaan identitas dan menunggu hingga 2 jam agar tidak berdesakan.

Eko menambahkan, kegiatan selanjutnya yakni penimbangan koper yang akan dilaksanakan pada hari Ahad (23/7) kemudian jamaah bisa beribadah secara mandiri sembari menunggu jadwal kepulang ke tanah air, Rabu (26/7).

“Jadwal kepulangan rencana pukul 00.10 waktu setempat, dan masih menunggu klarifikasi kami petugas dan sektor, semoga tidak ada perubahan yang berarti,” pungkasnya. (HS-08)

Grebeg Desa Panunggalan, Bupati Purbalingga Minta Masyarakat Nguri-Uri Budaya

Polisi Kantongi Identitas 5 Penembak Pria di Manokwari hingga Tewas