Kesbangpol Kota Semarang Waspadai Sel Aktif JI di Jawa Tengah

 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Semarang, Abdul Haris.

 

HALO SEMARANG – Mengantisipasi masuknya ideologi dari anggota Jamaah Islamiyah (JI), Kesbangpol Kota Semarang akan terus berusaha membekali warga dengan kegiatan bela negara.

Seperti diketahui, saat ini tercatat ada 6.000 ribu anggota aktif JI di Indonesia, dan selnya juga telah menyebar hingga ke banyak daerah di Provinsi Jawa Tengah.

Bahkan, ada 12 lokasi yang disinyalir digunakan para anggota JI untuk latihan perang, sebelum diberangkatkan ke Afganistan dan Filipina. Dan beberapa waktu lalu, salah satu lokasi latihan perang yang dibongkar Densus 88 Antiteror berada di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Kota Semarang, Abdul Haris mengatakan, meski penyergapan anggota JI itu berada di kabupaten lain, namun pihaknya terus memonitor perkembangannya. Tentu pihaknya juga koordinasi bersama pihak intelejen Kota Semarang.

“Kebetulan kan ada di kabupaten lain, meski begitu apakah kita tidak monitor. Tentu kita monitor terus dan kami juga sudah merapatkan internal dan juga bersama pihak intelejen yang ada di Kota Semarang,” ujarnya, Kamis (18/3/2021).

Prinsipnya, kata dia, pihaknya meski waspada akan keberadaan sel aktif JI di Kota Semarang, meski volumenya kecil.

Untuk membekali warga Kota Semarang dari pengaruh ideologi atau faham radikal keagamaan, lanjut dia, pihaknya gencar menggelar dengan kegiatan kegiatan sifatnya upaya penangkal.

“Tujuannya untuk memperkuat wawasan kebangsaan warga. Termasuk dengan kegiatan berupa bela negara yang dilakukan oleh Kesbangpol Kota Semarang,” katanya.

Kegiatan-kegiatan itulah, kata Haris, yang nantinya digunakan untuk menanamkan semangat toleransi kepada agama lainnya.

“Dan bisa membekali dan membentengi diri dari paham-paham radikal yang masuk. Harapannya setiap warga masih menghargai yang namanya toleransi itu, terutama di Kota Semarang,” katanya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.