in

Kesbangpol Batang Gelar Sosialisasi Antisipasi Konflik Pemilu 2024

Sosialisasi antisipasi konflik pemilu 2024, diikuti para kepala desa, di aula Bupati Batang, Kamis (30/3/2023). (Foto : batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Batang, menggelar sosialisasi antisipasi konflik pemilu 2024, diikuti para kepala desa di Kabupaten Batang, di aula Bupati Batang, Kamis (30/3/2023).

Kepala Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata mengatakan, sosialisasi ini merupakan bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Batang, dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2024, dengan mengantisipasi konflik yang ada di desa-desa.

Maka dari itu, pada sosialisasi ini, pihaknya mengundang para kepala desa, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan politik, agar dapat memenuhi kewajiban untuk bersikap netral dan tidak ikut terjun di dalamnya.

Selain itu juga agar Pemilu 2024 mendatang, harus bersih dari politik identitas dan politik uang.

“Semoga para kepala desa tidak menjadikan jabatannya untuk berkampanye karena sudah ada peraturannya,” kata dia, seperti dirilis batangkab.go.id.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Batang Mabrur mengatakan, pelaksanaan pemilu 2024 sudah semakin dekat, sehingga seluruh perangkat pendukung harus sudah menyiapkan, agar perhelatan dapat berjalan dengan sukses.

“Untuk kepala desa di Kabupaten Batang, tidak usah ikut-ikutan masuk dan berkampanye mendukung salah satu calon pada pemilu 2024 nanti. Mengingat sudah ada peraturan yang sudah di sahkan jadi jika ada yang melanggar langsung dapat diproses hukum,” tegasnya.

Salah satu menghindarinya jangan meminjamkan kendaraan dinas kepada siapapun, meskipun terhadap anak sendiri.

Jika ada anak kepala desa membawa kendaraan dinas, kemudian datang ke lokasi rapat salah satu peserta pemilu 2024, menurut dia hal ini sudah bisa menimbulkan kecurigaan adanya pelanggaran netralitas.

“Karena tugas kami di Bawaslu Batang untuk bisa melakukan pengawasan pemilu 2024 apa saja yang tidak boleh dilakukan baik oleh peserta, pemilih, maupun penyelenggara dan subjek lain seperti perangkat desa yang harus mempunyai sikap netral,” ujar dia.

Ia berharap, para kepala desa di Kabupaten Batang bisa memahami peraturan pemilu 2024 yang sudah ada agar ditaati dengan baik untuk menghindari konflik pemilu 2024. (HS-08)

Paguyuban UMKM Batang Hadirkan Paket Hampers

Rivan A Purwantono Dikukuhkan Sebagai Wakil Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Periode 2022-2025