Kesalahan Penentuan Wakil AFC 2021, Blunder PSSI Atau Sengaja?

Foto ilustrasi AFC Cup 2021.

 

HALO SPORT – PSSI melakukan kesalahan fatal dalam menentukan klub yang berhak berlaga ke Piala AFC 2021. Sebelumnya diberitakan, PSSI menunjuk Bali United dan Persija untuk berlaga di ajang itu.

Pemilihan Persija sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021 itu sempat menuai polemik dan dicurigai Persipura Jayapura.

Buntutnya AFC pun menegur PSSI karena mengambil keputusan dengan tak mengikuti aturan penetapan klub sesuai Entry Manual AFC Club Competition 2021 terkait Sporting Criteria.

PSSI akhirnya menganulir keputusannya soal penunjukkan Persija sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Persipura Jayapura kemudian ditunjuk untuk menggantikan Persija Jakarta.

Keputusan ini diambil PSSI karena permintaan langsung dari AFC. Konfederasi sepakbola Asia mengingatkan ke PSSI agar menunjuk wakil sesuai dengan manual kompetisi antar-klub Asia.

“AFC memahami maksud dan tujuan PSSI yang memilih Persija sebagai runner-up Piala Indonesia 2018/2019. Namun AFC ingin klub yang bermain di AFC Cup 2021 harus sesuai Entry Manual AFC Club Competition 2021 terkait Sporting Criteria,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi dalam rilis federasi.

“Persija ditetapkan oleh PSSI karena kami menjaga keterwakilan klub Indonesia yang bermain di AFC Cup melalui slot Piala Indonesia. Karena memang AFC juga menyetujui bahwa juara Piala Indonesia mendapatkan slot bermain di AFC Cup,” ujarnya.

“Namun karena PSM Makassar tidak lolos lisensi klub profesional tahun 2020, Exco PSSI memutuskan memilih Persija yang notabene runner-up Piala Indonesia 2018/2019,” katanya lagi.

Dalam ketentuan AFC, Persebaya dan Persipura yang berhak menggantikan PSM Makassar. Juku Eja seharusnya berhak tiket play-off Piala AFC 2021 karena berstatus juara Piala Indonesia 2018/19.

Namun PSM tak lolos lisensi AFC sehingga jatah itu harus dialihkan ke tim lain. Kesalahan PSSI, mereka malah menunjuk Persija yang merupakan runner-up Piala Indonesia.

Padahal, jatah tiket dari piala domestik (Piala Indonesia) hanya bisa dialihkan ke tim lain berdasarkan klasemen kompetisi domestik (Shopee Liga 1). Dalam hal ini, seharusnya Persebaya Surabaya yang merupakan runner-up Shopee Liga 1 untuk menggantikan PSM.

Sayangnya, Bajul Ijo tak mengurus lisensi AFC sehingga harus kembali dialihkan ke tim lain. Dengan begitu, jatah tiket dari PSM pun turun ke Mutiara Hitam yang merupakan tim peringkat ketiga Shopee Liga 1.

Persipura kini telah resmi ditunjuk PSSI. Selain Persipura, ada juga Bali United yang sudah dipastikan tampil di Piala AFC tahun depan.

Persipura harus memulai Piala AFC dari babak play-off. berbeda dengan Persipura, Bali United langsung lolos ke babak fase grup.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, PSSI menetapkan Bali United dan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021 seusai menggelar rapat Komite Eksekutif (Executive Committee / Exco), Rabu (16/12/2020).

PSSI lalu bersurat ke AFC untuk menyampaikan hasil rapat Exco itu agar disahkan.

Namun, dua hari kemudian AFC menghapus surat PSSI itu dan mengingatkannya untuk taat aturan, terutama soal penetapan Persija.
Manajemen Persipura protes dan bersurat ke PSSI untuk mempertanyakan keputusan itu.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano mengakui telah dua kali menyurati PSSI.

Dalam suratnya Persipura memprotes PSSI dan meminta kejelasan dasar keputusan yang sempat menunjuk Persija sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

Persipura merasa janggal terhadap keputusan Exco PSSI yang memilih Persija karena tak sesuai dengan Panduan Entri untuk Kompetisi Klub AFC 2021, entri tertuang dalam Pasal 9 yang membahas kriteria olahraga.

Belum diketahui dengan jelas, ada apa di balik keputusan Exco PSSI memilih Persija sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021, padahal tak sesuai aturan.
Apakah ada kesengajaan untuk kepentingan tertentu, semata-mata karena ketidaktahuan soal regulasi AFC, atau mungkin karena ada pertimbangan lain.

‚ÄúPSSI juga sudah meminta maaf atas kesalahan perangkat sebelumnya,‚ÄĚ jelas¬†Benhur Tommy Mano, Minggu (20/12/2020).

Permintaan maaf PSSI itu diterima dengan baik oleh Persipura .

Namun mengingatkan PSSI agar bekerja secara profesional dan tak tahu kesalahan di masa depan.

‚ÄúSaya sebagai Ketua Umum¬†Persipura¬†Jayapura menerima permintaan maaf PSSI,‚ÄĚ ungkap Benhur.(HS)

URUTAN KLUB INDONESIA KE PIALA AFC 2021

1. Bali United
Juara Liga 1 2019

2. PSM Makassar
Juara Piala Indonesia 2018-2019

3. Runner-up Liga 1 Persebaya Surabaya
2019

4. Persipura Jayapura
Peringkat Ketiga Liga 1 2019

5. Bhayangkara FC
Peringkat Keempat Liga 1 2019.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.