in

Kerja Sama dengan KUA, SMKN I Batang Sosialiasikan Moderasi Beragama dan Pencegahan Pandangan Ekstrem

Kegiatan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) Education di SMKN I Batang, baru-baru ini. (Foto : batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – SMKN I Batang berupaya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada para siswanya, agar mereka tidak terjerumus dalam pandangan ekstrem.

Hal itu disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Amirul Mukminin, terkait dengan kegiatan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) Education, yang rutin digelar setiap bulan dan untuk bulan ini, SMKN I Batang mengundang KUA setempat.

“Perlu juga menerapkan nilai-nilai moderasi beragama agar tidak terjerumus pada pandangan ekstrem,” katanya, di Aula SMKN I Batang, Kabupaten Batang, baru-baru ini seperti dirilis batangkab.go.id.

Selain upaya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, para siswa yang merupakan gen z, juga perlu memahami tentang dampak negatif pernikahan di usia anak-anak.

Menurut Amirul Mukminin, baik materi tentang pencegahan pernikahan anak, maupun moderasi beragama, diperlukan agar remaja memiliki karakter yang baik, supaya mampu menjawab tantangan dan problematika kehidupan saat ini.

Sementara itu Kepala KUA Kecamatan Batang, Ali Fatkhur, mengharapkan kerja sama dengan pihak sekolah bisa berlanjut, agar semua siswa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang tepat.

“Ini demi menekan angka pernikahan dini,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu siswi Nadia sangat mendukung kegiatan tersebut . Ia mengira  kalau KUA hanya melayani pernikahan saja, tetapi lebih jauh dari itu ternyata ada yang menarik dan sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter remaja yang baik.

“Acara kayak gini, bagus banget, bisa mencegah pernikahan dini. Buat teman-teman sebaya, manfaatkan waktu luang dengan kegiatan positif dan jangan terburu-buru nikah karena cita-cita harus dicapai,” tandasnya. (HS-08)

27 Grup Ikuti KOMB Street dan Parade 2024, Pj Bupati Brebes : Ini Inovasi Kemenag

Dua dari Tiga Difabel Lolos Tes Tingkat Akhir SIPSS Polri