in

Kerahkan Ratusan Orang Panitia, MAJT Siap Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Suasana khotbah usai salat Gerhana Bulan berjamaah yang dibawakan oleh khotib Nur Hidayatullah di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) pada Selasa (8/11/2022) malam.

HALO SEMARANG – Sedikitnya ada 120 orang panitia Hari Raya Idul Adha 1444 H akan dikerahkan pada saat penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Sabtu (1/7/2023). Mereka terdiri dari juru sembelih halal atau juleha, remaja masjid, dan tukang cacah tulang.

Ketua Panitia Hari Raya Idul Adha 1444 H MAJT, Nur Khoirin mengatakan, tukang jagal atau juru sembelih halal (Juleha) hewan kurban resmi atau telah dilatih dan bersertifikat juleha dari MUI.

Lalu ada untuk bagian menguliti sapi dan kambing sendiri, dan yang membersihkan jeroan nanti juga ada tim sendiri.

“Untuk tim cacah sekitar 20 orang, dan juru sembelih halal (juleha) dan menguliti ada 12-13 orang. Ditambah sekitar 30 orang dari remaja masjid untuk membantu penyiapan paket daging dan pendistribusiannya. Jadi panitia total ada sekitar 120 orang,” paparnya, Selasa (27/6/2023).

Diharapkan selepas salat duhur, kata dia, proses penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian daging sudah siap diberikan kepada penerimanya.

“Penyembelihan hewan kurban akan dimulai pukul 06.00 WIB, dan teknisnya saat pendistribusian daging nanti diambil sendiri di masjid lewat koordinator atau perwakilan penerima daging. Dari perwakilan RT/RW sudah dikoordinir atau dari lembaga keagamaan/yayasan dan ponpes yang mengajukan daging kurban ke sini akan dihubungi panitia untuk diambil sendiri dari perwakilan masing-masing sekitar waktu duhur. Dan tidak ada pembagian daging kurban secara orang per orang di masjid atau sendiri-sendiri,” imbuhnya.

Setelah terkumpul hewan kurban, selanjutnya pihaknya masih menentukan jumlah paket yang akan didistribusikan tahun ini kepada penerima.

“Kalau tahun lalu, hampir ada 3000 paket daging diberikan, mulai diberikan untuk yang memberikan hewan kurban, panitia, pengurus PP MAJT, dan masyarakat umum. Dari 3000 paket itu, sebanyak 2.500 paket dibagikan untuk umum,” jelasnya.

Jumlah hewan kurban sementara di MAJT tahun ini, ada tujuh ekor sapi dan 15 ekor kambing. Dari Gubernur Jawa Tengah, Walikota Semarang, BPN Kota Semarang, Udinus, Telkomsel dan Baznas RI,

Adapun rangkaian pelaksanaan salat Idul Adha yang rencananya digelar Kamis (29/6/2023) dijadwalkan sebagai khotib, yakni Menkopolhukam RI, Mahfud MD. Dengan imam salat KH. Zaenuri Ahmad.

Usai salat Id, Mahfud M.D akan menyaksikan penyerahan hewan kurban dari pemberi hewan kurban ke panitia. Lalu, dilanjutkan dengan panen bersama buah melon di sekitar masjid dan melakukan ramah tamah dengan pengurus.

Kemudian akan menjadi narasumber dialog dengan tokoh agama di Kota Semarang seperti MUI, ormas, rektor perguruan tinggi di Semarang.

“Sedangkan pada Jumat (28/6/2023), dilaksanakan rapat teknis persiapan akhir panitia untuk kegiatan penyembelihan hewan kurban pada Sabtu (1/7/2023),” pungkasnya. (HS-06)

 

Polda Jateng Renovasi Puluhan Rumah Personel Polri yang Tak Layak Huni

Selama Tiga Bulan, Polrestabes Semarang Ungkap 35 Kasus Narkoba