in

Keputusan Kontroversial Membuat PSIS Kalah

Laga Persib vs PSIS pada laga pekan keempat Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (13/8/2022), sore.

HALO SEMARANG – Persib sukses mengalahkan PSIS dengan skor 2-1 pada laga pekan keempat Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (13/8/2022), sore. Dua gol Persib dicetak David da Silva menit 24 (P) dan 65, sementara satu gol PSIS dicetak Taisei Marukawa menit 30.

Namun laga Persib vs PSIS diwarnai sejumlah keputusan kontroversi wasit yang memimpin, Totok Fitrianto. Setidaknya ada dua keputusan kontroversial yang mencolok. Pertama, diulangnya tendangan penaltih David Da Silva yang sebenarnya mampu diblok kiper PSIS, Wahyu Tri Nugroho pada menit 23. Sedangkan kontoversi kedua dianulirnya gol lemparan ke dalam bek PSIS, Alfreandra Dewangga pada menit 90.

Wasit sebenarnya sempat mensahkan gol ini. Namun beberapa menit kemudian dia mengubah keputusannya dan menganulir gol PSIS sehingga skor tetap 2-1 untuk Persib.

Di laga tersebut, sebenarnya kedua tim bermain cukup baik. Pada menit-menit awal, skuad Persib yang bermain tanpa pelatih kepala usai Robert Alberts mundur, berusaha terus menggempur pertahanan PSIS.

Taktik yang diperagakan Persib terbilang cukup berhasil merepotkan barisan pertahanan PSIS. Namun aliran bola kerap terhenti di sisi tengah lapangan, baik di sisi sayap maupun tengah.

Persib mendapat peluang pertama dari sepakan penjuru Marc Klok yang mengarah ke gawang PSIS, tapi masih bisa diblok oleh Wahyu Tri Nugroho.

Kesempatan kedua didapat Ricky Kambuaya yang mendapat ruang tembak dari luar kotak penalti, namun lagi-lagi mampu diblok pemain belakang PSIS.

PSIS mendapat peluang pada menit ke-16 melalui skenario bola mati, hal itu menyusul pelanggaran pemain belakang Persib terhadap Jonathan Cantillana.

Jonathan yang mengambil kesempatan set-piece masih gagal mengkonversikan peluang menjadi gol.

Pada menit k-21, Persib Bandung mendapat hadiah penalti dari wasit menyusul handsball dari Jonathan Cantillana.

Berawal dari kemelut dekat gawang PSIS, Wahyu Prasetyo menghalau bola dari kaki Marc Klok, namun bola halauan itu dianggap mengenai lengan Jonathan. David Da Silva yang maju sebagai eksekutor gagal mengkonversikan menjadi gol.

Tapi, penalti harus diulang karena Wahyu Tri Nugroho diketahui bergerak terlebih dulu dan melewati garis gawang sebelum eksekutor menendang bola.

Upaya kedua dari penalti sukses dimaksimalkan oleh David Da Silva.

Di sisi lain, cara eksekusi penalti David Da Silva sebenarnya sama, ada gerakan dari kiper PSIS sebelum bola ditendang. Namun gol tersebut disahkan wasit. Skor 1-0 untuk Persib.

Pada menit 30, PSIS mampu menyamakan kedudukan melalui Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang ini sukses memanfaatkan umpan silang Andreas Ado di kotak penalti Persib.

Taisei melakukan satu dua sentuhan dengan melewati adangan pemain Persib, sebelum melepaskan tembakan kaki kiri untuk menyobek jala gawang I Made Wirawan dan mengubah skor menjadi 1-1.

Di awal babak kedua, Persib berusaha terus menekan pertahanan PSIS. Hal itu menyebabkan Wahyu Tri Nugroho jatuh bangun untuk menepis peluang para punggawa Persib.

Pada menit ke-66 Persib kembali unggul melalui gol David Da Silva. Dari skema serangan balik, Ricky Kambuaya sukses menahan bola dan melepaskan umpan terobosan ke David Da Silva.

Pemain asal Brasil itu menggiring bola ke kotak penalti PSIS, melewati adangan bek dan kiper Wahyu Tri sebelum lepaskan tembakan ke gawang.

Persib pun kembali memimpin dengan skor 2-1.

PSIS yang tertinggal satu gol atas Persib coba merespon dengan memainkan pemain-pemain yang memiliki naluri menyerang. Titus Bonai, Rahmad Hidayat, hingga Oktafianus Fernando dimasukkan untuk memperkuat serangan.

Tim asuhan Sergio Alexandre ini cukup baik untuk mengubah ritme permainan, namun sejumlah peluang yang dihasilkan belum bisa mengubah papan skor pertandingan.

Di penghujung waktu normal babak kedua, PSIS sebenarnya sukses mencetak gol spekulasi yang sempat disahkan wasit.

Alfreandra Dewangga melakukan lemparan ke dalam namun langsung mengarah ke gawang. Bola lemparan Dewangga sukses masuk ke gawang dan disahkan oleh wasit.

Namun, gol tersebut diprotes oleh pemain Persib karena menganggap tidak ada pemain yang mengenai bola dari lemparan Dewangga. Setelah berdiskusi dengan wasit tambahan di sisi gawang, wasit Totok menganulir gol ini.
Skor 2-1 untuk keunggulan Persib pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit.(HS)

 

 

Cooking Comptetition Peringati HUT RI Ke-77 Digelar, HIPMI Jateng: Wujud Jiwa Persatuan dan Kesatuan

Kalah Dari Persib, Begini Komentar Pelatih PSIS