Kepala PUPR Kendal: Tanggul Darurat Sungai Aji Desa Blorok Selesai Dalam 24 Jam

Warga dan petugas dari Dinas PUPR Kendal membangun tanggul Kali Aji di Desa Blorok Kecamatan Brangsong, Sabtu (19/12/2020).

 

HALO KENDAL – Sejumlah petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kendal, dibantu TNI-Polri dan masyarakat, hari ini langsung memasang peengaman dalam bwntu cerucuk untuk memperkuat tanggul darurat pasca-jebolnya tanggul Sungai Aji di Desa Blorok Kecamatan Brangsong, kemarin sore, Jumat (18/12/2020).

Diperkirakan dalam waktu 24 jam, tanggul yang diperkuat dengan cerucuk dari bambu dan dilapisi terpal, sudah bisa dilalui warga seperti biasa. Bahkan bagian atasnya akan dilapisi dengan aspal.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Sugiono, saat meninjau langsung pengerjaan pemasangan cerucuk di desa Blorok, Kecamatan Brangsong, Sabtu (19/12/2020).

Disampaikan, sebelum melakukan perbaikan, pihaknya terlebih dahulu melakukan penutupan pintu air di Bendungan Kedung Pengilon yang merupakan hulu dari Kali Aji, agar air sungai surut.

“Setelah air surut, baru kami kerjakan bersama dengan puluhan masyarakat, melakukan pengurugan tanggul yang jebol,” ungkap Sugiyono.

Dia pun mengatakan, meski dibuat sifatnya darurat, namun dijamin kuat. Karena nantinya bibir sungai akan dipasang bronjong, untuk memperkuat tanggul, apabila terjadi arus deras lagi.

“Selain ditancapkan cerucuk dan tumpukan karung berisi batu dan pasir, pekerja juga memasang kawat bronjong. Juga ditambah tumpukan karung berisi tanah untuk memperkuat tanggul. Sedangkan bagian tengah kami urug dengan tanah urugan, yang akan diratakan dengan alat berat,” terang Sugiono.

Dalam pengerjaan ini, selain melibatkan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas PU Propinsi Jawa Tengah Tengah dan Dinas PUPR Kabupaten Kendal, juga dibantu dari unsur TNI dan Polri serta dari masyarakat.

“Dengan bantuan berbagai unsur baik dinas terkait dari Provinsi Jawa Tengah, TNI-Polri dan masyarakat, Insya-Allah cepat selesai dan besok sudah bisa dilalui masyarakat,” pungkas Sugiyono.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.