in

Kepala Disdikpora Jepara Minta Guru Tampilkan Nilai Kemanusiaan

Talk Show Peningkatan Kinerja Guru Melalui Penguatan Motivasi di Era Merdeka Belajar. Kegiatan dilaksanakan di Aula Smansago. (Foto : jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Guru dan tenaga kependidikan, perlu mengedepankan humanisme dalam mengajar.

Proses pendidikan yang berlangsung di sekolah, juga harus mampu menampilkan nilai-nilai kemanusiaan.

Hal itu disampaikan Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Ali Hidayat, dalam acara Talk Show Peningkatan Kinerja Guru Melalui Penguatan Motivasi di Era Merdeka Belajar.

Kegiatan yang diikuti para guru penggerak di Kecamatan Mlonggo itu, berlangsung di aula SMAN 1 Mlonggo (Smansago), Selasa (19/12/2023).

Ali Hidayat juga menuturkan, guru penggerak di Kecamatan Mlonggo, harus memberi contoh dan teladan, dalam proses belajar mengajar di era Merdeka Belajar.

Di samping itu, pendidikan karakter harus dipersiapkan mulai sekarang, untuk menuju generasi emas 2045.

“Persiapkan anak didik kita mulai sekarang, demi menuju generasi emas 2045. Jangan ada bulliying dan kekerasan di sekolah,” ucap Ali Hidayat, seperti dirilis jepara.go.id.

Motivator nasional, Eko Suseno dalam paparannya mengatakan, para siswa memerlukan kecakapan dalam teknologi informasi. Namun demikian dia juga mengingatkan, agar pendidikan nilai atau karakter jangan sampai dikesampingkan.

Transfer ilmu bisa dilakukan dengan bantuan perangkat teknologi, tetapi kebutuhan sosial anak didik dalam beraktivitas hidupnya perlu dikawal lewat sentuhan pendidikan karakter.

Pendidikan karakter, kata dia, sangat penting dan perlu ditanamkan dalam tingkah laku peserta didik.

Transfer ilmu bisa dilakukan dengan bantuan perangkat teknologi tetapi kebutuhan sosial anak didik dalam beraktivitas hidupnya perlu dikawal lewat sentuhan pendidikan karakter.

“Kebutuhan siswa kita dengan kehadiran teknologi menjadi sebuah kebutuhan, akan tetapi pendidikan karakter di era Merdeka Belajar adalah sebuah keharusan,” kata dia.

Sementara itu, Sekda Edy Sujatmiko, mengatakan guru dituntut menjadi motivasi dan penyemangat bagi anak-anak dalam menuntut ilmu.

Selain itu, profesional serta ikhlas memberikan ilmu, guna menyiapkan kader bangsa menuju Indonesia Emas.

“Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan guru, tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan. Ayo bersemangat mencerdaskan anak bangsa,”ucap Edy Sujatmiko.

Pada kesempatan itu, hadir Camat Mlonggo Sulistiyo, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, Kepala Sekolah SMAN 1 Mlonggo Tri Ani Setiorini, serta guru se-Kecamatan Mlonggo. (HS-08)

Apresiasi Ketaatan Wajib Pajak, Pemkab Jepara Gelar Undian Berhadiah

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Rabu (20/12/2023)