in

Kendal Zona Putih, RSUD Tinggal 2 Pasien Covid-19

Warga yang tes PCR dan swab antigen di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Kabupaten Kendal.

 

HALO KENDAL – Sejak sepekan terakhir ini Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Kabupaten Kendal tidak ada lagi pasien Covid-19. Demikian pula rumah sakit lainnya di Kabupaten Kendal juga sudah tidak ada pasien Covid-19.

Hanya di RSUD dr Soewondo Kendal saja yang saat ini masih ada dua pasien Covid-19.

Direktur RSDC Kendal, dr Budi Mulyono mengatakan, RSDC yang menempati bangunan rusunawa sudah kosong sejak sepekan terakhir.

“Pasien terakhir yang dirawat di RSDC adalah empat warga Desa Kebonagung, Kecamatan Ngampel dan sudah pulang beberapa hari lalu,” ujarnya, Senin (20/9/2021).

Budi menjelaskan, karena tidak ada pelayanan pasien, maka beberapa tenaga kesehatan yang diambil dari puskesmas mulai dikembalikan secara bertahap.

“Saat ini di RSDC hanya beberapa nakes yang ditugaskan untuk melayani tes PCR, swab antigen, juga nakes siaga. Jadi RSDC yang semula merekrut 70 nakes dari puskesmas dan relawan, sekarang sudah mulai dikembalikan,” terang Budi.

Ia pun menegaskan, jika kondisi pandemi terus membaik, maka pihaknya berencana menutup RSDC. Namun masih disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus kembali, termasuk petugas medisnya.

“Meski sudah tidak ada pasien, tetap kita siagakan petugas medisnya, jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kita berharap kondisi segera membaik,” ujar Budi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, sejak digencarkan vaksinasi Covid-19, secara berangsur kasus Covid-19 di Kabupaten Kendal terus mengalami penurunan.

“Saat ini hanya ada 31 kasus aktif yang sebagian besar menjalani isolasi mandiri. Di RSUD hanya ada dua orang pasien Covid, sedangkan di rumah sakit lainnya dan RSDC sudah lama kosong,” terang Ferinando.

Ditambahkan, saat ini warga di Kabupaten Kendal yang sudah divaksin baru sekitar 31 persen.

“Untuk itu Pemkab Kendal sedang menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk mengejar target 70 persen. Bapak Bupati menargetkan dalam satu hari bisa menyasar 18 ribu orang yang divaksin,” imbuh Ferinando.(HS)

Share This

Bupati Agung Harapkan KAHMI Pemalang Bersinergi dengan Pemerintah

Sekda Kota Semarang: Pelaksanaan Tes SKD CASN Berjalan Lancar