in

Kendal Sumbang Ekspor Pala, Biji Kopi dan Porang Dalam Merdeka Ekspor 2021

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mendampingi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam Pelepasan Merdeka Ekspor 2021 di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Sabtu (14/8/2021).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka mendorong produktivitas pertanian untuk ketahanan pangan dan mamacu ekspor dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Pelepasan Merdeka Ekspor 2021.

Acara digelar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Sabtu (14/8/2021), dan dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan juga Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Total nilai ekspor seluruh Indonesia mencapai Rp 7,29 triliun dan Jawa Tengah menyumbang ekspor hasil pertanian dengan nilai mencapai Rp 400,57 miliar ke 36 negara.

Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyampaikan, saat ini komoditas holtikultura Jawa Tengah cukup tinggi, bahkan bisa mencapai Rp 400 miliar lebih.

“Karena di Jawa Tengah hampir semua daerah memiliki hasil unggulan,” ujarnya.

Dengan melihat tingginya hasil hortikultura tersebut, pihaknya mengusulkan pelabuhan Semarang menjadi pelabuhan hortikultura.

“Dengan cara ini, harapan kita nanti produk pertanian bisa diekspor dari sini. Termasuk nanti agar bisa dilakukan pelebaran. Saat Kendal kawasan industrinya sudah jalan, tentunya akan mengarah ke sini juga termasuk pelabuhan yang ada di sana,” ungkapnya.

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, jika pihaknya mulai saat ini telah berfokus untuk memperhatikan sektor pertanian, termasuk juga membuka peluang investasi.

“Kita ada beberapa hasil pertanian dan perkebunan yang saat ini sudah masuk ekspor, seperti pala dan kopi dari daerah atas. Dan porang saat ini juga sudah mulai cukup berkembang. Sisanya, kita tinggal dukung para petani terutama di bidang alat untuk mencari investor agar hasilnya nanti bisa berupa chip dan lebih tinggi harga jualnya,” ungkapnya.

Untuk ikut serta meningkatkan ekspor, Pemkab Kendal akan terus melakukan percepatan pembangunan, termasuk pengembangan Pelabuhan Kendal.

Menurut Dico, pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat agar ekspor bisa dilakukan dari Kendal.(HS)

Share This

Katon Wibi’s, Youtuber Asal Weleri Rilis Empat Lagu

Pengasuh PP Darul Amanah Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa VI Dalam HUT Ke-60 Gerakan Pramuka