in

Kendal Resmi Miliki Mal Pelayanan Publik

Menpan-RB Tjahjo Kumolo, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sesi tanya jawab bersama wartawan, usai meresmikan Mal Pelayanan Publik, Rabu (2/6/2021).

 

HALO KENDAL – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo hadir dan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kendal.

Menpan-RB hadir didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beserta Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki.

Acara digelar di halaman Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kendal, Rabu (2/6/2021).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sambutannya berharap, nantinya seluruh daerah di Jawa Tengah bisa membuat Mal Pelayanan Publik.

Sebab menurutnya, langkah itu merupakan wujud nyata melayani masyarakat dengan murah, mudah, dan cepat dalam semua hal, termasuk perizinan.

“Mal Pelayanan Publik merupakan wujud nyata mewujudkan reformasi birokrasi. Dengan cara ini, maka tujuan negara melayani masyarakat bisa terwujud,” kata Ganjar.

Tak hanya itu, Ganjar mendorong semua daerah meningkatkan aplikasi pelayanan publik pada masyarakat. Pandemi menurutnya menjadi momentum untuk mewujudkan itu.

“Karena pandemi, jadi ini momentum untuk meningkatkan pelayanan publik. Tidak perlu bertemu atau datang ke kantor, pengembangan aplikasi-aplikasi pelayanan publik harus terus didorong,” tandasnya.

Dalam hal perizinan, Ganjar meminta semua daerah proaktif jemput bola pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Sebab menurutnya, banyak pelaku UKM yang belum punya legalitas dan mereka tidak memahami cara pengurusan izin.

“Harus proaktif jemput bola. Izin-izin UKM harus didorong karena saat ini banyak masyarakat yang menggeluti bidang ini,” ujar Ganjar.

Sementara itu, Menpan-RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, dengan adanya MPP ini, diharapkan mampu memberikan kemudahan investasi di Kendal.

“Di antaranya kemudahan perizinan bagi investor yang akan masuk ke Kendal,” kata Menpan-RB.

Menurutnya, kunci sukses menggerakkan roda pemerintahan dan mewujudkan pemerintahan yang baik, adalah meningkatkan pelayanan publik.

“Inti dari reformasi birokrasi adalah menyederhanakan struktur organisasi yang meliputi hal-hal pelayanan publik. Maka saya mengapresiasi peresmian Mal Pelayanan Publik di Kendal ini, termasuk daerah lain di Jawa Tengah sebagai upaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat,” ucapnya.

Tjahjo juga mendorong agar inovasi-inovasi pelayanan publik terus digenjot. Para aparatur sipil negara, lanjut dia, berkewajiban melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

“Pak Gubernur sudah memberikan contoh dengan melayani dengan cepat segala persoalan masyarakat hanya menggunakan handphone. Kepala daerah lain harus juga mengikuti,” katanya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam konferensi persnya mengatakan, tujuan dibangunnya MPP ini adalah untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“MPP ini sangat dibutuhkan. Karena intinya akan mempermudah proses pelayanan. MPP ini ada untuk masyarakat Kabupaten Kendal,” ucapnya.

Adanya MPP ini, lanjut Dico, tidak hanya mempermudah investor dalam pengurusan izin. Tapi juga pengurusan segala pajak, perpanjangan SIM, transaksi perbankan dan sebagainya.

“Yakni pelayanan umum yang memungkinkan pemerintah daerah untuk dilakukan pelayanan dengan ruang yang terbatas,” tukasnya. (HS)

Share This

Diduga Kabur Saat Kepergok Mencuri Bebek, Seorang Remaja Meninggal Di Bengawan Solo

Menikmati Harumnya Kopi di Tengah Hamparan Sawah