in

Kenalkan Kentongan Digital, Fitur di Aplikasi Libas Sediakan Pelayanan Polisi untuk Warga Semarang

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar saat kenalkan fitur Kentongan Digital di Command Center Mapolrestabes Semarang, Selasa (18/4/2023).

HALO SEMARANG – Polrestabes Semarang memperkenalkan Kentongan Digital di Command Center Mapolrestabes Semarang, Selasa (18/4/2023). Fitur yang berada di aplikasi Libas tersebut disediakan untuk warga Kota Semarang yang membutuhkan pelayanan kepolisian.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan, masyarakat bisa meminta pertolongan kejahatan maupun non-kejahatan. Semisal ada kejadian yang melanggar hukum di wilayah Rukun Tetangga (RT), masyarakat tinggal menekan menu Laporan Kejahatan yang berada di fitur tersebut.

“Misal ada pencurian kemudian dikirimkan nanti informasi soal kejahatan akan langsung masuk ke command center. Jadi karena namanya berbasis RT tadi, sinyal bukan hanya masuk ke polisi, tapi masuk juga ke masyarakat yang sudah mendownload aplikasi itu,” ujar Irwan kepada awak media.

Sedangkan untuk non-kejahatan, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk memberitahukan kepada tetangganya jika ada kegiatan di kampungnya. Kapolres menyebut, sampai saat ini sudah ada ratusan ribu warga Kota Semarang yang sudah mengunduh aplikasi itu.

“Kalau non-kejahatan itu misal ada kerja bakti atau informasi lelayu itu akan masuk ke warga RT,  sinyal itu hanya akan masuk ke RT tidak ke polisi. Dan sampai dengan hari ini ada 134 ribu warga Kota Semarang yang sudah mendownload,” paparnya.

Irwan mengakui masyarakat yang sudah mendownload aplikasi Libas berarti sudah membantu kepolisian dalam mendapatkan informasi terkait kejadian di Kota Semarang. Selain itu, command center juga bisa memantau wilayah lainnya karena terintegrasi belasan ribu CCTV di Kota Semarang.

“Command center juga tersambung dengan 11 ribu CCTV Kota Semarang. Sudah kita claster terpantau melalui CCTV. Setiap RT terwakili satu ini mengintregasikan kentongan digital tadi, kami menargetkan yang mendownload 588 ribu setiap kepala rumah tangga,” imbuhnya. (HS-06)

 

Jadi Penyelenggara Tiga Event Sepeda Internasional, ISSI Kendal Matangkan Atletnya

Imbas Rekayasa Lalu Lintas One Way, Volume Kendaraan di Jalur Non Tol atau Pantura Terpantau Padat