Kenaikan Stunting di Kendal Mengkhawatirkan

Acara Rakor Bidang Kesra di salah satu hotel di Kendal, Rabu (10/3/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kesehatan dan dinas terkait mengadakan Rapat Kordinasi Bidang Kesra membahas terkait dengan penurunan angka stunting, di meeting room di salah satu hotel di Kendal, Rabu (10/3/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Moh Toha mengatakan, rakor ini membahas tentang upaya untuk mencari gagasan dan strategi yang perli dicermati bersama.

“Jadi dalam rakor ini, apa yang dilakukan kaitannya dengan pencegahan dan penanganan stunting. Selain itu juga dibahas rencana tindak lanjut yang harus dilakukan dan dipercepat,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Toha, dengan naiknya jumlah stunting ini harus menjadi perhatian serius untuk dilakukan penanganannya.

“Untuk itu kami mendorong semua dinas untuk bekerja keras secara bersama-sama dalam melakukan penanganannya,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Kesra Setda Kendal, Winarno mengatakan, penanganan anak stunting menjadi kebijakan nasional yang harus mendapatkan perhatian.

“Hal ini juga sesuai dengan salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kendal, sehingga harus dituntaskan. Pasalnya kesehatan merupakan hal yang sangat mendasar dan merupakan pelayanan dasar. Jadi harus ditangani dengan serius,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynne Frederica Dico Ganinduto mengatakan, kenaikan angka stunting tersebut, kemungkinan dikarenakan krisis ekonomi di tengah pandemi. Atau kemungkinan lain, gizi yang diberikan pada anak kurang.

Dijelaskan, stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak.

“Angka presentasenya naik menjadi 8,3 persen dari tahun 2019 yang sebesar 5,6 persen. Namun demikian, diharapkan angka stunting pada tahun 2021 ini bisa turun,” ungkapnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.