Kena Sanksi, Tim Yamaha Turun Posisi

Tim Yamaha MotoGP 2020 (dari kiri ke kanan), Fabio Quartararo, Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Franco Morbidelli. (dok)

 

HALO SPORT – Yamaha beserta dua timnya di MotoGP 2020, yakn Monster Energy Yamaha dan Petronas Yamaha SRT, terkena sanksi pengurangan poin.

Pabrikan Yamaha dijatuhi sanksi oleh Federasi Motor Internasional (FIM) MotoGP Stewards karena melanggar regulasi. FIM tak merinci detail pelanggarannya, cuma menyebut Yamaha tidak mematuhi protokol.

Menurut Crash, sanksi diberikan lantaran Yamaha menggunakan komponen ilegal pada MotoGP Spanyol. Yamaha diklaim menggunakan katup yang tidak sesuai dengan aturan homologasi mesin yang ditetapkan sebelum musim kejuaraan digelar.

Imbasnya, pabrikan Yamaha terkena sanksi pengurangan 50 poin dalam tabel konstruktor. Tim Monster Energy Yamaha terkena reduksi 20 poin, sedangkan Petronas Yamaha SRT 30 poin.

Sementara para pembalapnya tidak terkena hukuman. Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli dalam posisi aman.

Sanksi itu membuat Yamaha tergusur dari posisi teratas dalam klasemen konstruktor MotoGP 2020. Kini, mereka menempati urutan ketiga dengan 158 poin.

Ducati berada di posisi terdepan dengan 171 poin yang disusul Suzuki (163). Untuk klasemen tim, Petronas Yamaha masih berada di peringkat kedua dengan 198 poin (seharusnya 235 poin).

Monster Energy Yamaha turun ke peringkat kelima dari semula di posisi keempat. Tim utama Yamaha itu sekarang mengoleksi 156 poin (dari seharusnya 176 poin), tersalip oleh Red Bull KTM Factory Racing yang naik ke peringkat keempat.

Tempat teratas tim diisi Suzuki Ecstar. Skuad yang diisi Joan Mir dan Alex Rins itu mengumpulkan 242 poin.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.