in

Kemnaker Sosialisasikan Kesempatan Kerja di Batang

Sosialisasi talenta muda dan kesempatan kerja oleh Kemenaker RI, kepada kaum muda bertalenta, Sabtu (20/5/2023) di Batang Teras Pandawa (BTP) Batang, Kabupaten Batang. (Foto : batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), menggelar sosialisasi talenta muda dan kesempatan kerja, Sabtu (20/5/2023) di Batang Teras Pandawa (BTP) Batang, Kabupaten Batang.

Dalam kegiatan itu, para peserta diajak berdialog, mengenai kondisi ketenagakerjaan di masa depan, serta kesempatan kerja yang dibutuhkan di Kabupaten Batang.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa, mengatakan bahwa saat ini banyak muncul lapangan kerja baru, baik di bidang industri, maupun pekerjaan informal seperti pekerja seni dan digital.

“Pada bidang industri, juga sudah menerapkan teknologi digital canggih, yang tentu membutuhkan tenaga generasi muda berkompetensi baru,” kata dia, seperti dirilis batangkab.go.id.

Maka dari itu, Pemerintah berupaya mempersiapkan beberapa pelatihan, termasuk untuk masyarakat di Kabupaten Batang.

“Sebelum Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) berdiri pun, sudah dipersiapkan pelatihan talenta muda,” kata dia.

Kegiatan pelatihan seperti ini, menurut dia akan terus dilaksanakan, sampai kebutuhan industri terpenuhi. Tentu pelatihan yang diberikan, juga sesuai kebutuhan dunia kerja atau industri di pada masa depan.

Selama ini Kemnaker sudah membantu Pemkab Batang, melalui berbagai skema perencanaan ketenagakerjaan, dengan membuat RTK daerah, mempersiapkan balai pelatihan kerja, dan memperkuat UPTD Balai Pelatihan Kerja Kabupaten Batang.

“Semoga ke depan KITB dapat memprioritaskan masyarakat Kabupaten Batang untuk bekerja supaya dapat mengurangi jumlah pengangguran di sini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Batang, Suprapto mengatakan bahwa KITB merupakan program strategis nasional (PSN), sehingga pasti akan merangkul Pemkab Batang.

“Dengan selama ini dari Kemnaker mendukung penuh Pemkab Batang dalam ketenagakerjaan untuk dapat melayani penyerapan tenaga kerja,” terangnya.

Pemberian dukungannya dengan memberikan program pelatihan yang tahun ini ada 14 paket pelatihan dari Kemnaker. Sampai bulan ini baru berjalan 4 paket pelatihan yang setiap paket pelatihan ada 16 peserta.

Ia berharap, adanya pelatihan dapat memberikan kompetensi pelatihan tersendiri bagi pencari kerja dan ini kami fokuskan uji kompetensi agar mendapatkan dua sertifikat yakni sertifikat pelatihan dan sertifikat kompetensi. (HS-08)

Kemenag Siapkan Pusat Informasi Haji di Jakarta

Purbalingga Siap Jadi Produsen Sepeda Motor Listrik